Ini Transgender Pertama di India Jadi Polisi

Wanita transgender pertama di India yang jadi polisi
Sumber :
  • www.facebook.com/prithikayashin/photos

VIVA.co.id - Seorang transgender di India mengukir sejarah dengan menjadi polisi pertama dari kalangan transgender.

Heboh Bule Nyanyikan Lagu Gombloh dengan Merdu

Dilansir dari Channel News Asia, Prithika Yashini (25) memenangkan pertempuran hukum yang memungkinkan dirinya untuk dipekerjakan sebagai sub-inspektur dalam Kepolisian India.

Permintaan Yashini awalnya ditolak karena latar belakang dirinya yang merupakan seorang transgender. Tidak mau melepaskan impiannya, Yashini mengajukan perkara tersebut ke Pengadilan Tinggi yang kemudian memberinya dukungan.

"Proses bergabung dengan kepolisian tidak mudah karena transgender memiliki kehidupan yang rumit. Mereka tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau rumah karena dianggap sebagai seseorang yang rendah," kata Yashini.

Ia menceritakan banyak keluarga yang tidak sudi menerima transgender, jadi, kata Yashini, dirinya memutuskan untuk menghadapi masalah itu seorang diri.

"Saya sangat senang bisa menjadi polisi sub-inspektur transgender pertama di India," ujarnya.

Yashini terlahir sebagai laki-laki dengan nama Pradeep Kumar. Semasa kecilnya, ia menyadari bahwa dirinya berbeda dengan anak laki-laki pada umumnya.

Pengacara Yashini, Bhawani Subburayan, mengatakan Yashini merasa dirinya tidak cocok sebagai laki-laki dan ingin diperlakukan sebagai seorang perempuan.

"Dia memberitahukan hal itu kepada orang tuanya dan mereka membawa Yashini ke dokter untuk dinasehati. Namun Yashini merasa tidak bisa lagi melanjutkan hidupnya sebagai laki-laki dan memutuskan untuk melakukan operasi transgender menjadi perempuan," kata Subburayan.

Keberanian Yashini dikatakan akan menginspirasi kaum transgender lainnya demi mendapatkan hak-hak mereka. Seorang aktivis transgender, Rose, mengatakan hal ini akan mendorong transgender lain untuk berani 'mengetuk' pintu pemerintah dan mencari pekerjaan dan meminta perlindungan dari kekerasan yang mereka alami.

Merasa Gatal, Ternyata Ada 26 Kecoa di Telinga
Uber XL

Naik Uber Saat Mabuk Ditagih Ongkos Rp23 Juta

Kenny Bachman sedang kongko dengan kawan-kawan saat mau pulang.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2018