Gempa 7 SR di Jepang Picu Tsunami Kecil

Gelombang Tsunami 1 Meter Muncul di Miyagi, Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon
VIVA.co.id
12-11-1948: Penjahat Perang Jepang Divonis Mati
- Badan Meteorologi Jepang, JMA, melaporkan adanya tsunami kecil yang terjadi di pulau Nakanoshina. Tsunami itu dipicu gempa yang berkekuatan 7 skala richter yang sebelumnya terjadi.

Jepang Siap-siap Berganti Kaisar

Dikuti dari laman
Menteri Pertahanan Baru Jepang Ultimatum Korut dan Tiongkok
BBC , Sabtu, 14 November 2015, tsunami tersebut menyebabkan ketinggian ombak sekitar 30 sentimeter. Namun, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa dari bencana kecil ini.


Akibat ancaman bencana ini, sebuah peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah pulau Kagoshima dan Satsunan. Namun, peringatan ini hanya sebentar dan kemudian dinyatakan bahwa tsunami tidak membahayakan.


Gempa yang sebelumnya terjadi berlokasi di kedalaman 10 kilometer. Survei Geologi Amerika (USGS) mengatakan, gempa itu berasal dari 159 kilometer dari kota Makurazaki.


Jepang memang kerap diterjang tsunami. Yang terparah pada 2011, ketika gempa bumi besar terjadi dan tsunami menghantam. Kala itu, 18 ribu orang tewas dan dinyatakan hilang di wilayah utara Jepang. Bahkan, 23 ribu orang dinyatakan belum kembali ke rumah sejak bencana terjadi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya