Dua Wanita di Nigeria Ledakkan Diri, 14 Orang Tewas

Ilustrasi citra satelit memperlihatkan dampak serangan Boko Haram
Sumber :
  • DigitalGlobe/Micah Farfour

VIVA.co.id - Dua perempuan meledakkan diri mereka dalam aksi bom bunuh diri di Nigeria. Aksi ini menewaskan 14 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya.

"Lebih dari 100 orang terluka dan sekitar 14 orang kehilangan nyawanya akibat bom yang meledak di Kano," komentar Sani Datti, juru bicara untuk National Emergency Management Agency (Lembaga Penanganan Situasi Darurat Nasional/NEMA), seperti dikutip Reuters, Kamis, 19 November 2011.

Ledakan tersebut terjadi pada sekitar pukul 4 sore waktu setempat. Aksi bom bunuh diri itu terjadi di sebuah pusat penjualan ponsel di Kano, salah satu kota besar di Nigeria.

Menteri Transportasi Belgia Resmi Undur Diri

Bom bunuh diri ini juga terjadi hanya selang sehari setelah bom sebelumnya yang meledak di sebuah pasar dan menewaskan 32 orang.

Modus peledakan dengan menjadikan perempuan sebagai pelaku kerap dilakukan oleh kelompok militan Boko Haram. Sejak keberadaan kelompok ini pada 2009 lalu, ribuan warga Nigeria dilaporkan tewas.  

Militan Boko Haram terus menyerang kota Chad, Niger, dan Kamerun selama beberapa pekan terakhir.

Dari Washington, Departemen Pertahanan mengecam bom bunuh diri yang terjadi dalam waktu berdekatan tersebut. Juru bicara AS, John Kirby mengatakan siap bekerja sama dengan Nigeria untuk mengatasi teroris di Nigeria.

"Kami menyebut ini semua sebagai serangan tanpa perasaan. Siapa pun yang bertanggungjawab pada serangan ini harus ditahan secepatnya," kata Kirby. (ase)

Jelang Pelantikan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo

Menhan: Tunjukkan Ayat dan Hadis Bom Bunuh Diri Masuk Surga

"Kembalilah ke jalan yang benar."

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016