Pertama Kali, Festival Film Jepang Bakal Digelar di Jakarta

Wakil Duta Besar Jepang Kozo Honsei
Sumber :
  • Rebecca Reifi/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Setiap Tahun Ribuan Mahasiswa Indonesia Belajar ke Jepang
- Kozo Honsei, Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, membuka acara Festival Film Jepang yang digelar Kedutaan Besar Jepang bersama Agency for Cultural Affairs Government of Japan, untuk kali pertama di Jakarta.

Kasus Cuitan SARA, Kemlu Ingatkan Dubes Yusron Fokus Kerja

"Kami sangat senang bisa menyelenggarakan Festival ini di Jakarta karena hubungan Indonesia dan Jepang selama ini sangat baik. Kedua negara sudah banyak sekali melakukan kerjasama di berbagai bidang," ujar Honsei, Kamis 19 November 2015 di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta Pusat.
Travel Jepang Bikin Program 'Bersih-bersih Paris'


Festival yang sejatinya akan berlangsung dari tanggal 26 November hingga 1 Desember 2015 ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman dan kedekatan terhadap budaya Jepang serta mendorong pertukaran dan pengembangan kalangan kreator muda di bidang perfilman dan animasi.


Wakil Dubes Jepang yang baru datang ke Indonesia sejak tiga minggu lalu itu menjelaskan, jumlah pelajar dari Indonesia yang datang ke Jepang berjumlah sekitar 870 ribu, sementara turis Jepang yang datang ke Indonesia mencapai angka 150 ribu wisatawan.


"Kami akan berusaha untuk meningkatkan program pertukaran masyarakat. Saya berharap dengan kegiatan Festival ini akan semakin banyak warga masyarakat yang minat dengan film serta kebudayaan Jepang. Karena saya yakin film adalah sebuah media yang dapat melampaui perbedaan bahasa dan kebudayaan," kata dia.


Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, dalam keterangan tertulisnya mengatakan banyak sekali pihak khususnya penikmat film Jepang saat ini.


"Saya berharap hal ini dapat mempererat hubungan antara Jepang dan Indonesia. Masyarakat Indonesia akan lebih banyak mengetahui soal Jepang dan kebudayaannya," ucap Tanizaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya