FBI Pastikan AS Tak Akan Alami Serangan Seperti Paris

Tragedi Paris
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Timnas Jerman Siap Jika Harus Bermain Tanpa Penonton
- Direktur
Federal Bureau of Investigation
Pelaku Serangan Paris Dijatuhi Hukuman Hari Ini
(FBI) atau badan investigasi Amerika Serikat (AS), James Comey, menyatakan AS tidak akan mengalami serangan serupa seperti yang menimpa Paris, Prancis.
Salah Abdeslam, Pelaku Utama Serangan Paris 2015 Tertangkap

Menurut Comey, meski saat ini beredar video ancaman yang berjanji akan meledakkan Gedung Putih dan berdampak korban yang lebih banyak dari tragedi Paris, namun Comey meragukan kredibilitas video tersebut.

 

 “Itu adalah intelijen yang tidak punya kredibilitas,” kata Comey, saat akan mengadakan pertemuan dengan Jaksa Agung Loretta Lynch, seperti dikutip
Abc,
Jumat, 20 November 2015.

 

Selama ini, Comey mengungkapkan, agen FBI secara ketat melacak mereka yang bersangkutan, yang mungkin akan melakukan serangan terror. Meski demikian, Comey memastikan AS melakukan pengawasan ekstra ketat pada individu yang dicurigai.

 

“Mungkin mereka tergoda untuk menjadi peniru (dengan membuat video), tapi belum ada bukti adanya pendukung ISIS yang dikirim ke AS untuk tujuan serangan pembunuhan,” katanya.

 

Sementara itu secara terpisah, Jaksa Agung Loretta Lynch menyatakan bahwa Departemen Kehakiman menentang undang-undang kongres yang isinya melarang pengungsi masuk ke AS. Ia meminta agar Kepala Departemen FBI,
Homeland Security
dan Direktur Intelijen Nasional untuk menyatakan kepada Kongres bahwa pengungsi bukanlah ancaman.

 

“(Pengungsi), bukanlah ancaman bagi keamanan Amerika Serikat. Dalam perspektif penegakkan hukum, apa yang kita dapatkan memperlihatkan pada kita, mana yang tak bisa dipraktekkan dan mana yang tidak memungkinkan," kata Lynch.


Serangan yang terjadi di Paris pada Jumat pekan lalu telah menebar ketakukan global. Terutama di negara Eropa yang terus menerima pengungsi yang berdatangan dari Suriah. Sekitar 250 warga AS juga terdeteksi melakukan perjalanan ke Suriah. Namun menurut Comey, jumlah itu sekarang semakin menurun. Tak jelas mengapa keinginan pergi ke Suriah dari warga AS mengalami penurunan.


"Hanya sedikit sekali warga AS yang berangkat ke Suriah dan akhirnya kembali. Saya berharap, pesan yang bisa diterima oleh warga AS adalah, ada satu neraka di bumi, dan mereka menyebutnya Khalifah," kata Comey menegaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya