Menteri Anies : Indonesia Sukses Terapkan Sistem Demokrasi

Anies Baswedan saat mengunjungi SDN 01 Lebak Bulus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, menilai Indonesia berhasil menjadi negara Islam terbesar dengan sistem demokrasi yang diterapkannya. Bagi dia, Indonesia sebagai negara dengan segala keragamannya, mampu menyatukan semua perbedaan yang ada.

Anies Baswedan Cinta Musik Melayu, Kenapa?

"Indonesia adalah negara yang sangat beragam dan bisa menyepakati pondasi-pondasi, yang kita sebut sekarang demokrasi," ujar Anies saat ditemui di Konferensi Forum Islam Demokrat Dunia, Senin 23 November 2015.

Ia mengatakan, tidak semua negara, khususnya negara Islam, yang menggunakan sistem pemerintahan secara demokrasi seperti Indonesia, mengingat kemungkinan adanya kerusuhan atau pemberontakan antar warga dalam satu negara.

Mendikbud Anteng Kena 'Bully' Soal Full Day School

Di negara lain, kata Anies, demokrasi dalam sebuah negara berujung pada kematian.

"Banyak sekali orang yang dikubur karena proses demokratisasi, dan kita bersyukur sudah menjalankan proses itu denganĀ  jauh lebih baik," ujarnya.

Orang Tua Tak Mau Anak Mereka 'Korban' Full Day School

Anies mengaku, perjuangan Indonesia untuk menjadi sebuah negara demokrasi yang merdeka bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, karena melalui perjuangan yang sangat panjang.

"Demokrasi sekarang adalah hasil dari pembelajaran 30 sampai 40 tahun. Karena itu, masyarakat Indonesia harus bangga, demokrasi sampai saat ini berjalan dengan baik. Indonesia memegang peranan pentingĀ  untuk mengupayakan perdamaian dunia terutama pada negara yang berjuang menganut sistem demokrasi," jelas dia. (ren)

Sandiaga Uno

Blusukan di Mampang, Sandi Dicegat Kiai Berjubah

Sandi tampak terkejut.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016