Ratusan Paus Mati Terdampar di Chile

ikan paus 5 meter ditemukan mati di lepas pantai California
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA.co.id - Lebih dari 300 ikan paus ditemukan mati terdampar di Patagonia, Chile Selatan. Peneliti mengatakan, ini adalah salah satu jumlah rekor terbesar dari kasus matinya ikan bertubuh raksasa itu.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu 2 Desember 2015, Vreni Haussermann dari Huinay Scientific Center, mengatakan, fenomena tersebut merupakan sebuah pemandangan yang apokaliptik dan belum pernah dilihat olehnya.

Kemlu: RI Tetap Berkomitmen Turunkan Emisi Gas Karbon

Para ilmuwan melakukan ekspedisi untuk menghitung hewan laut tersebut setelah 20 paus sei dilaporkan tewas pada April. Mereka terdampar di wilayah yang sangat terpencil sekitar 2.000 kilometer di selatan ibu kota Santiago.

"Ketika para peneliti terbang di atas wilayah itu pada Juni, mereka menemukan lebih banyak lagi paus yang mati. Setidaknya ada 337 ekor yang mati tergenang termasuk tubuh dan kerangka tulang," ujar Haussermann.

Dia menjelaskan, masih banyak lokasi yang belum bisa mereka raih, dan tampaknya masih ada lebih banyak lagi paus yang mati. Peneliti mengatakan, pihaknya tidak melihat adanya luka pada badan paus, sehingga memperkirakan kematian disebabkan oleh sebuah virus atau sebab alam.

Pakar biologi kelautan mengatakan, suhu panas di laut menyebabkan bahaya pada populasi paus. Karena, kondisi tersebut membuat berkurangnya pasokan makanan mereka dan mengubah rute migrasi kuno kelompok. (art)

wisata di lepas pantai Sri Lanka

Paus Sperma Mati Terdampar di Pantai Alue Naga Aceh

Panjang paus 8 meter dengan bobot lebih dari 30 ton.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016