Militer AS Tembak Mati Menteri Keuangan ISIS

Bebek ISIS
Sumber :
  • www.mirror.uk

VIVA.co.id - Militer Amerika Serikat mengklaim  telah menembak mati tiga pimpinan kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Salah satunya adalah Menteri Keuangan.

Juru bicara Kemiliteran AS mengatakan serangan yang dilakukan Koalisi Internasional yang dipimpin AS telah berhasil menewaskan pejabat ISIS. Dua pejabat senior, dan satu orang lagi adalah pejabat keuangan yang setara dengan Menteri Keuangan ISIS.

Diberitakan oleh Reuters, Kamis, 10 Desember 2015, Kolonel Steve Warren mengatakan kepada Pentagon, serangan yang dilakukan pada akhir November kemarin itu membunuh Abu Salah, Menteri Keuangan.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

"Dia adalah salah satu anggota paling senior dan berpengalaman dari jaringan keuangan ISIS, dan ia juga mantan anggota Al Qaeda," kata Warren.

Warren menjelaskan, Abu Salah adalah anggota keuangan ISIS ketiga yang berhasil terbunuh dalam beberapa bulan ini. Membunuh bagian keuangan ISIS menjadi agenda penting, karena merekalah mengendalikan keuangan kelompok militan ini.

Merujuk pada laporan Brooking Institute, sebuah organisasi nonprofit yang melakukan penelitian independen dalam hal pengelolaan keuangan lembaga atau perusahaan, nama asli dari Abu Salah adalah Muafaq Mustafa al-Karmoush.

ISIS selama ini memiliki sejumlah aliran pendapatan. Beberapa sumber dana terbesar mereka berasal dari penjualan minyak, pemerasan serta penjualan barang antik.

Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai

Kementerian Pertahanan AS memperkirakan, ISIS mengantongi dana sebesar US$47 juta setiap bulannya hanya dari penjualan minyak ilegal.

"Anda mungkin tidak akan langsung kalah dari tembakan-tembakan yang dilakukan. Tapi kami yakin, tidak lama lagi kami akan mulai melihat lawan kami melemah dan terjatuh. Kini mereka telah bersiap untuk kalah," kata Warren. (ase)

Polisi Antiteror Kanada.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Tersangka bernama Aaron Driver dan ia bertindak tunggal.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016