Buktikan Janji, PM Kanada Sambut Pengungsi Suriah

Pengungsi Suriah yang tiba di Slovenia
Sumber :
  • VIVA.co.id/AFP
VIVA.co.id
PM Kanada 'Tertangkap Basah' Bertelanjang Dada
- Keputusan Perdana Menteri Kanada Jason Trudeau untuk menerima pengungsi Suriah ke negaranya mulai direalisasikan. Pesawat pertama yang mengangkut imigrfan dari Suriah telah sampai di Kanada.

Helikopter Rusia Ditembak Jatuh

Perdana Menteri Jason Trudeau sendiri yang langsung menyambut kedatangan 163 orang pengungsi di negaranya, Jumat, 11 Desember 2015. "Kanada ingin menunjukkan kepada dunia cara untuk membuka hati," kata Trudeau, seperti dikutip dari
RS Bersalin di Suriah Dihantam Bom Saat Operasi Caesar
BBC, 11 Desember 2015.


Penerimaan ratusan imigran tersebut adalah bagian dari kebijakan Kanada yang berjanji akan menerima 25.000 pengungsi hingga bulan Febuari tahun 2016 mendatang.


Menteri Imigrasi John McCallum, mengatakan semua  provinsi di Kanada mendukung penerimaan para pengungsi yang ingin memiliki kehidupan barunya tersebut.


"Ini adalah momen besar untuk Kanada. Ini menunjukkan sikap kita yang sebenarnya, yakni bahwa kami non-partisan, ini merupakan proyek nasional," kata McCallum.


McCallum menjelaskan, sebanyak 300 imigran asal Suriah akan tiba di Kanada sepanjang minggu ini dan 800 pengungsi nantinya akan masuk melalui pemeriksaan di Lebanon dan Yordania. Mereka akan memiliki kesempatan untuk tinggal di salah satu provinsi dari 10 provinsi yang ada di Kanada.


Trudeau yang baru saja memenangkan pemilu Kanada, mengambil sikap berbeda dari pemimpin sebelumnya yang tidak mau menerima para pengungsi.


"Kami ingin mereka memiliki tempat tinggal dan dukungan. Memang butuh waktu yang tidak sebentar, tetapi kami senang untuk menerima mereka di negara kami," kata Trudeau.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya