Pertama Kali, Perempuan Arab Saudi Ikut Pemilu

Ilustrasi-Perempuan
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA.co.id -  Untuk pertama kalinya dalam sejarah Arab Saudi, kaum perempuan diikutsertakan dalam pemberian suara atau pemilihan umum (Pemilu).

Rela Antre Demi Kurma Gratis di Pekan Kebudayaan Arab

Dilansir dari BBC, Sabtu 12 Desember 2015, untuk pertama kalinya juga kaum hawa mendapatkan tempat untuk ikut serta menjadi kandidat dalam pemilu di negara yang tidak mengizinkan perempuan untuk menjadi supir kendaraan itu.

Sebanyak 987 perempuan telah terdaftar sebagai kandidat bersama dengan 5.938 pria yang akan dipilih sebagai dewan kota dalam berbagai bidang. Mereka harus berkampanye di balik sebuah partisi atau diwakilkan oleh laki-laki saat memberikan kata-kata kampanyenya itu. 
Pengunjung Pekan Kebudayaan Arab Saudi Membludak

"Sekitar 130.000 warga perempuan sudah terdaftar sebagai pemilih," ujar otoritas terkait. Salma al-Rashed, perempuan pertama yang terdaftar sebagai pemilih mengaku senang dengan adanya kesempatan ini.
Guru Berondong Tembakan di Sekolah, Enam Tewas

"Rasanya sangat menyenangkan. Perubahan adalah sesuatu yang besar, namun momentum pemilu adalah waktu yang tepat untuk merepresentasikan diri kami," kata al-Rashed.

Bernada sama dengan al-Rashed, Hatoon al-Fassi, pemilih lainnya, merasa sangat senang bisa ikut serta dalam pemilu kali ini. "Ini adalah momen yang bersejarah. Saya bersyukur bisa ikut serta karena sudah lebih dari satu dekade saya menunggu-nunggu kesempatan ini," ujarnya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya