Ribuan Ubur-ubur Terdampar di Pantai Inggris

Ilustrasi/Ubur-ubur
Sumber :
  • Metro
VIVA.co.id
Naik Uber Saat Mabuk Ditagih Ongkos Rp23 Juta
- Fenomena alam aneh terjadi di sepanjang pantai Bournemouth, Inggris. Ribuan hewan menyerupai ubur-ubur kecil terdampar di pantai itu. 

Heboh Bule Nyanyikan Lagu Gombloh dengan Merdu
Dikutip dari laman Metro, Minggu, 13 Desember 2015, hewan laut itu terbawa angin dan arus laut karena terkena badai Desmond dengan kekuatan angin sebesar 80 mph.

Merasa Gatal, Ternyata Ada 26 Kecoa di Telinga
Adalah Velella Velella, memiliki semacam sirip kecil untuk berenang dan membawa mereka ke laut lepas. 

Pengunjung pantai diminta untuk tetap tenang dan tidak panik karena Velella tidak berbahaya.

Kendati demikian petugas pantai tetap menganjurkan untuk waspada mengingat bisa saja hewan lainnya ikut terbang terbawa angin dan arus laut ke area pantai.

Walaupun Velella jarang ditemukan dan tidak berbahaya, namun para pengunjung pantai mengaku khawatir hewan tersebut memiliki racun di tubuhnya. 

Secara teknis, Velella bukan seekor ubur-ubur walaupun memiliki bentuk tubuh yang sama. Mereka adalah hewan 'pleutostonic', yang hidupnya sebagian di air dan sebagian lainnya di luar air. 

'Sayap' mereka berada di atas permukaan dan digunakan untuk 'berlayar', sementara tentakel mereka menjuntai di dalam air untuk menangkap plankton.

"Mereka terdampar terkena badai karena mereka melakukan perjalanan dengan arah yang sama. Kami memberikan keterangan untuk dilarang masuk ke wilayah pantai kami. Menurut saya Velella terdampar di pantai ini karena adanya perubahan cuaca," kata Konservasionis, Steve Trewhella. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya