Turki Pada Rusia : Kesabaran Kami Ada Batasnya

Sebuah kapal Rusia saat melintas di Selat Bosphorus, Turki.
Sumber :
  • Reuters/Murad Sezer
VIVA.co.id
Erdogan Ke Kremlin, Buka Hubungan Baru dengan Rusia
- Menteri Luar Negeri Turki mengatakan negaranya memiliki batas kesabaran menghadapi Rusia. Pernyataan itu disampaikan setelah tindakan, yang menurut Turki, berlebihan yang dilakukan Rusia terhadap insiden kapal dua negara di Laut Aegea, Minggu, 13 Desember 2015.

Erdogan Mengaku Tak Sabar Bertemu Putin

Sebuah kapal jenis penghancur milik Rusia melepaskan tembakan peringatan pada sebuah kapal Turki. Tindakan ini, menurut Rusia, dilakukan untuk menghindari terjadinya tabrakan. Pihak militer Turki juga telah memanggil kapal Rusia atas insiden tersebut.
Jasad Militer Rusia Ditahan Militan Suriah


"Kapal kami hanyalah kapal nelayan. Bagi kami, reaksi kapal Rusia itu sangat berlebihan," komentar Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu kepada harian Italia
Corriere della Sera
dalam sebuah wawancara, seperti dikutip oleh
Reuters,
Senin, 14 Desember 2015.


"Rusia dan Turki tentu saja harus mengembalikan hubungan pada situasi yang stabil dan penuh percaya, seperti yang selama ini kami jalani. Namun kesabaran kami ada batasnya," kata Cavusoglu.


Jatuhnya pesawat Rusia yang ditembak oleh militer Turki meningkatkan ketegangan dalam hubungan kedua negara. Menurut Cavusoglu, Rusia telah menempatkan diri mereka dalam posisi situasi kebodohan, setelah Putin mengatakan Turki menembak jatuh pesawat mereka untuk melindungi perdagangan minyak ilegal antara Turki dan ISIS.


"Tak ada yang percaya hal itu," kata Cavusoglu menambahkan. Ia juga menegaskan, intervensi militer Rusia di Suriah bukan untuk memerangi kelompok militer, namun untuk melindungi rezim Bashar al Assaad. Menurutnya, hanya delapan persen dari serangan udara Rusia yang ditujukan pada ISIS, sebanyak 92 persen sisanya lebih ditujukan pada pemberontak yang melawan Assaad. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya