18-12-1777: Perayaan Thanksgiving Pertama Kali di AS

Perayaan Thanksgiving di AS
Sumber :
  • REUTERS/Eduardo Munoz
VIVA.co.id
05-08-1861: AS Berlakukan Pajak Penghasilan
- Amerika Serikat merayakan hari nasional
Thanksgiving
11-4-1814: Napoleon Diasingkan ke Pulau Terpencil
mereka yang pertama kalinya pada tanggal 18 Desember 1777. Kala itu AS sekaligus menandakan kemenangannya di pertempuran Saratoga setelah penyerahan umum oleh John Burgoyne dan 5.000 pasukan Inggris di Oktober 1777.

10-3-1969: Pembunuh Martin Luther King Jr. Dihukum
"Oleh karena itu disarankan kepada pihak legislatif atau eksekutif bahwa Amerika Serikat dengan ini memilih hari Thanksgiving. Dengan satu suara pada saat yang sama, masyarakat mengekspresikan rasa bersyukur mereka," demikian keterangan dari kongres kala itu seperti dikutip dari laman History.

Baik ketika Kongres menyatakan hari Thanksgiving pada tanggal 1 November, atau ketika masyarakat merayakan pada bulan Desember tanggal 17, kemenangan di Saratoga meyakinkan Raja Perancis bahwa AS adalah sekutu yang layak.

Mengalami hari Thanksgiving merupakan langkah maju yang luar biasa dalam menciptakan identitas AS. Sebelumnya, koloni merayakan perayaan syukur itu secara individual atau sebagai bagian dari Kerajaan Inggris. Sekarang mereka telah mengalami suatu peristiwa yang telah mempengaruhi mereka semua.

Secara resmi pemerintah mengumumkan hari nasional itu yang melibatkan seluruh warga AS. Dengan aliansi Prancis, mereka memiliki sekutu yang mendukung mereka semua. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya