Tetangga Pelaku Penembakan San Bernardino Turut Ditahan

Penembakan California
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni

VIVA.co.id - Seorang mantan tetangga dari tersangka penembakan d San Bernardino, Califronia, ditangkap dengan tuduhan konspirasi. Ia dituduh memberikan dukungan material kepada pelaku.

Dilansir dari laman Channel News Asia,  Jumat 18 Desember 2015, jaksa mengatakan Enrique Marquez (24), adalah teman dari Syed Rizwan Farok (28) dan istrinya Tashfeen Malik (29) yang melakukan penembakan di San Bernardino. Menurut polisi, ketiganya  telah merencanakan serangan penembakan masal tersebut.

Jaksa Eileen Decker mengatakan kedua orang pria itu berkonspirasi untuk melakukan  serangan brutal terhadap sasaran lain, termasuk perguruan tinggi California dan jalan tol negara bagian tersebut.

"Meskipun rencana ini tidak dilakukan, tindak pidana Marquez sangat terpengaruh terhadap San Bernardino dan  seluruh Amerika Serikat ketika senjata yang dibeli oleh Marquez digunakan untuk membunuh 14 orang tak bersalah dan melukai bnnyak orang lain," kata Decker.

Ia menjelaskan, tidak ada bukti keterlibatan Marquez dalam insiden penembakan yang terjadi tanggal 2 Desember kemarin. Namun otoritas melaporkan penangkapan Marquez pada hari Kamis, 18 Desember 2015, terkait perencanaan penembakan di lokasi lain. Marquez direncanakan untuk hadir di persidangan selanjutnya.

Penembakan Brutal di Texas, 1 Tewas 3 Luka Parah

Menurut surat pernyataan yang diajukan oleh jaksa, dua pria itu bertemu pada tahun 2005 ketika Marquez menjadi tetangga Farook di Riverside, California. Farook memperkenalkan Marquez tentang ideologi Islam radikal, dan pada tahun 2011 Marquez menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah Farook untuk mempelajari dan menonton ajaran dengan konten ekstremis.

Setelah itu, keduanya mulai merancang serangan tembakan dan bom. Marquez mengaku kepada investigator bahwa meeka menargetkan perpustakaan serta kantin di Universitas Riverside Community, tempat mereka berkuliah dulu.

Marquez akan menjalani persidangan pada 4 Januari mendatang. Jika terbukti, ia akan menghadapi tuntutan hingga 35 tahun penjara. (ren)

Penembakan Terjadi Dekat Gedung Putih
Iklan senapan Crickett untuk anak-anak di AS

Wanita Tembak Diri Sendiri Saat Pose Snapchat

Maksudnya bergaya, jadinya malah celaka.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016