Rusia Serang Enam Titik di Suriah, 73 Tewas

Bangunan runtuh di Suriah akibat serangan bom. Suriah kini hancur. Sebagian kotanya dikuasai oleh kelompok militan ISIS.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Rusia kembali menggencarkan serangan udara di Suriah, kali ini tepat di kota Idlib, barat laut Suriah. Serangan udara tepat di keramaian di jantung kota itu menyebabkan sebanyak 73 orang tewas dan 150 orang terluka.

Dilansir Syriahr, Selasa 22 Desember 2015, petugas tim pertahanan sipil Suriah menunjukkan Moskow telah menghantam enam titik keramaian, yaitu di pasar, beberapa bangunan pemerintahan, dan daerah permukiman. Sementara itu, dilaporkan dari 73 korban tewas, 30 lebih korban belum berhasil diidentifikasi.

Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah yang berbasis di Inggris (SOHR) menyebut serangan pesawat tempur yang juga mengenai kantor kelompok pemberontak di kota tersebut, diyakini milik Rusia.

Seorang anggota tim pertahanan sipil, Yasser Hammo, mengatakan, banyak mayat yang terperangkap di puing-puing reruntuhan gedung.

"Ada banyak mayat di bawah reruntuhan,” ujar Hammo.

Kota Idbid menjadi pusat kelompok pemberontak setelah berhasil mereka kuasai sejak awal tahun ini. Sementara itu, Rusia merupakan negara sekutu utama Presiden Bashar al-Assad mulai membombardir wilayah Suriah sejak September lalu, dengan menargetkan ISIS dan kelompok oposisi militan lainnya.

Cara Unik Anak Suriah Halau Serangan Bom Jet Tempur
Serangan udara di Suriah

Bom Kimia Diduga Kembali Terjadi di Suriah

Berdasarkan bau dan efek yang ditimbulkan, gas tersebut diduga klorin.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016