Sudah Terbang, Ternyata Pilot Ini Salah Jalur

Malaysia Airlines
Sumber :
  • dailymail.co.uk
VIVA.co.id
AirAsia Tawarkan Tiket Rp299 Ribu ke Malaysia
- Seorang pilot dari maskapai penerbangan Malaysia Airlines tidak sadar bahwa ia mengemudikan pesawatnya ke arah yang salah. 

Jokowi: Kereta Akan Kurangi Macet di Bandara
Dilansir dari laman dailymail.co.uk, Sabtu, 26 Desember 2015, pilot dari pesawat MH132 itu lepas landas dari Bandara Auckland di Selandia Baru yang dijadwalkan menuju ke Kuala Lumpur.

Air France Luncurkan Maskapai Berbiaya Murah
Namun, sang pilot malah menerbangkan pesawatnya ke arah Selatan Melbourne, Australia. Ia tersadar ketika pesawat sudah memasuki kawasan Australia.

Jalur Malaysia Airlines

Kaget dan bingung dengan kesalahan itu, pilot kemudian menghubungi pengawas udara di Auckland untuk menanyakan kenapa pusat kontrol udara tidak mengarahkannya ke Malaysia.

Ia kemudian langsung membalikkan arah pesawat di Laut Tasman dan mulai terbang menuju Malyasia. Namun tidak satupun penumpang yang tahu akan kesalahan jalur penerbangan ini.

"Penerbangan tersebut dijadwalkan ke Kuala Lumpur melalui jalur yang berbeda dengan yang diketahui pilot," kata seorang juru bicara kontrol udara Selandia Baru. Ia mengatakan kini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Peter Clark, seorang komentator aviasi Selandia Baru berpendapat, terkadang pesawat beroperasi melalui Australia bagian Selatan menuju ke destinasi mereka untuk menghindari angin.

"Mungkin pilot tak terbiasa menggunakan jalur itu. Pilot Malaysia Airlines sudah bekerja dengan sangat baik karena tersadar dengan perbedaan jalur penerbangan," kata Clark. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya