Xi Jinping Minta Pejabat Ajak Keluarga Jauhi Korupsi

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • REUTERS/Sergei Karpukhin

VIVA.co.id - Presiden China, Xi Jinping, menegaskan kepada seluruh pemimpin senior agar mendidik dan mengawasi anak-anak serta keluarga mereka sampai kepada anggota pemenangan masing-masing untuk memerangi korupsi.

Sejak era kepemimpinannya tiga tahun lalu,  Xi telah memulai kampanye melawan korupsi. Ia kerap memberikan peringatan, sebuah partai akan mengalami kehancuran jika anggotanya tak membebaskan diri dari perilaku korup.

Tak sekedar bicara, Xi bahkan telah memecat puluhan pejabat, termasuk mantan kepala bagian domestik Zhou Yongkang, dua pensiunan perwira militer  senior (Xu Caihou dan Guo Boxiong), ajudan mantan Presiden Hu Jintao dan Bo Xilai, juga seorang ketua dan bos partai.

"Anggota partai dan pejabat negara harus menghindari rasa superioritas mengenai kekuasaan atau status mereka," kata Xi.

Kantor berita Xinhua mengatakan, Xi mendesak anggota Politbiro agar dengan ketat mendidik dan mengawasi anak, keluarga, serta seluruh bawahan mereka untuk menyelesaikan masalah mereka pada waktu dan cara yang tepat.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Menurut Xi, partai yang serius menunjukkan tanggung jawabnya pada diri sendiri serta rakyatnya, maka akan serius melakukan penyelidikan kesalahan dan memberikan hukuman yang sesuai.

"Semangat partai  membutuhkan anggotanya untuk terus meningkatkan kemampuan dan tegas pada diri sendiri," kata Xi.

Ia meminta agar para pejabat juga menjauhi hal lainnya yang tidak baik yang bisa memberikan contoh buruk bagi orang lain. Mereka, ujar Xi, harus memegang gagasan melayani masyarakat dengan sepenuh hati, selalu berpikir tentang negara dan rakyat, dan mengabdikan diri untuk partai dan masyarakat.

Salah satu wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan

"Kepulauan Spratly adalah hak sah kami untuk mempertahankannya".

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016