Sanksi Ekonomi Dicabut, Iran Siap Keliling Dunia

Sumber :
  • REUTERS/Carlo Allegri

VIVA.co.id - Dibukanya sanksi ekonomi terhadap Iran membuat negara itu kini bebas melakukan perdagangan dengan negara mana saja. Iran bersiap keliling dunia untuk sejumlah pembicaraan kerja sama.

Iran Akui Tentaranya Tewas dalam Perang Suriah

Presiden Iran, Hassan Rouhani, akan mengadakan perjalanan dan kunjungan ke Itali dan Perancis pada pekan depan. Dilansir dari laman Reuters, Senin, 18 Januari 2016, kunjungan ini merupakan perjalanan pertamanya ke Eropa sejak dicabutnya sanksi embargo oleh Amerika Serikat.

Sumber yang tidak disebutkan identitasnya mengatakan Rouhani akan tiba di Italia pada tanggal 25-26 Januari dan akan pergi ke Paris pada tanggal 27 Januari 2016. Setelah bertahun-tahun tidak bisa melakukan hubungan ekonomi dengan semua negara di dunia, kini Iran siap untuk kembali mengambangkan sayapnya dan terjun di dunia ekonomi internasional.

"Pada hari pertama, Presiden Rouhani akan bertemu dengan Presiden Italia, Perdana Menteri dan para pebisnis. Pada hari kedua, ia dijadwalkan untuk bertemu dengan Paus Fransiskus," kata sumber.

Seharusnya kunjungan akan dilakukan Rouhani pada bulan November 2015 lalu, namun rencana tersebut dibatalkan karena adanya tragedi penyerangan di Paris oleh kelompok militan ISIS.

lmuwan Iran Shahram Amiri berbicara kepada jurnalis saat tiba di bandara Imam Khomini di Tehran, 15 Juli 2010.

Iran Eksekusi Mati Ilmuwan Nuklirnya

Shahram Amiri dituduh menjadi mata-mata Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016