Kanada Utus Dubes Baru untuk ASEAN

Bendera Kanada
Sumber :

VIVA.co.id - Untuk pertama kalinya, Kanada mengutus Duta Besar untuk ASEAN. Mereka mengangkat Marie-Louise Hannan sebagai perwakilan Kanada di perkumpulan negara ASEAN tersebut.

"Hal ini menandakan perluasan perwakilan tetap Kanada untuk ASEAN di Jakarta, dan menunjukkan komitmen kuat Kanada untuk meningkatkan hubungan dengan ASEAN," demikian tertulis dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 19 Januari 2016.

Kanada telah meningkatkan kehadirannya secara diplomatis di negara-negara ASEAN. Kanada membuka perwakilan diplomatik tetap pertamanya di Yangon, Burma pada tahun 2013, dan pada bulan Agustus 2015 membuka dua kantor baru di Phnom Penh, Kamboja, dan Vientiane, Laos. Penetapan Dubes Kanada di negara-negara itu  memperkokoh kehadiran tetap Kanada secara diplomatik di 10 negara anggota ASEAN.

"Kanada terus bermitra dengan ASEAN dalam prakarsa-prakarsa nyata di bidang-bidang utama, termasuk pengelolaan risiko bencana, hak-hak asasi manusia, penanggulangan ancaman keamanan non-tradisional, dan berbagai kemitraan prasarana pemerintah-swasta dan dukungan terhadap usaha kecil dan menengah," demikian tertulis dalam siaran pers tersebut.

Kanada saat ini sedang mengusahakan untuk melipatgandakan perdagangan barang dan jasa dan investasi bilateral ASEAN-Kanada menjelang tahun 2020, sebagai sasaran ambisius untuk memajukan hubungan ke tingkat tinggi baru.

Lebih dari itu, Kanada menyediakan lebih dari US$14 milyar untuk bantuan keamanan dalam program kawasan negara-negara anggota ASEAN. Dukungan ini akan membantu ASEAN mencapai tujuan integrasi ambisiusnya, yang memberikan sumbangsih pada perdamaian dan keamanan kawasan dan mempromosikan tujuan kebijakan luar negeri Kanada di Asia Tenggara.

Sekolah di Kanada Ditembaki Membabi Buta, 4 Tewas

(mus)

PM Kanada Justin Trudeau.

Kanada Ingin Akhiri Perang Lawan ISIS

AS langsung membujuknya supaya tidak 'pulang'

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2016