Obama Janji Bantu Jerman Atasi Pengungsi

Sumber :
  • REUTERS/Gary Cameron

VIVA.co.id - Presiden Amerika Serikat Barack Obama berjanji kepada Kanselir Jerman, Angela Merkel, untuk mendukung secara substansial pada upaya Jerman mengatasi krisis pengungsi di Timur Tengah dan Eropa.

Dilansir dari Reuters, Kamis, 21 Januari 2016, Menteri Keuangan Jerman, Wolfgang Schaeuble, menyerukan disalurkannya miliaran Euro yang akan ditransfer ke negara-negara yang berbatasan dengan Suriah.

Kisah Haru Atlet Olimpiade Nyaris Mati Menolong Pengungsi

"Eropa harus menyadari bahwa penyelesaian krisis ini membutuhkan biaya yang sangat banyak dari perkiraan sebelumnya," kata Schaeuble.

Presiden Obama dan Kanselir Merkel melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon pada Kamis sore, 21 Januari 2016, dan Merkel menjelaskan penetapan tujuan dari konferensi donor yang direncanakan untuk pengungsi Suriah yang akan dilaksanakan di London pada 4 Februari mendatang.

"Presiden Obama berjanji, pemerintah AS akan memberikan kontribusi substansial," kata juru bicara pemerintah Jerman, Steffen Seibert.

Seibert menambahkan, kedua pemimpin itu juga sepakat mengenai dibutuhkannya solusi politik bagi krisis di Suriah dan juga bantuan di Ukraina. (ase)

Jet tempur Rusia

Jet Rusia Jatuhkan Bom di Suriah, 10 Warga Terluka

Serangan ini diklaim oleh aktivis sebagai aksi balas dendam.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016