Indonesia Terus Jajaki Penguatan Kerja Sama dengan Afrika

Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi

VIVA.co.id - Dalam rangka membahas penguatan kerja sama antara Indonesia dan Afrika, Kementerian Luar Negeri Indonesia mengadakan seminar yang bertajuk “Africa Rising: Putting Indonesia into the Equation". Seminar ini diharapkan menjadi wadah bertukar pemikiran bagi para pemangku kepentingan, termasuk pakar dan akademisi untuk merumuskan rekomendasi kebijakan luar negeri Indonesia.

"Kedua negara selalu terikat oleh semangat persaudaraan dan mari kita ubah semangat itu menjadi kemitraan konkret dengan manfaat yang nyata bagi masyarakat kedua negara," kata Plt Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Gedung Kemenlu, Jakarta. Senin 25 Januari 2016.

Dia mengatakan, seminar tersebut juga untuk mengetahui perspektif internasional perihal hubungan Indonesia dengan negara-negara Afrika selama ini. Dalam hal ekonomi, Indonesia memposisikan Afrika sebagai pasar besar yang sangat strategis untuk kepentingan ekonomi. Sementara itu, Indonesia sebagai salah satu negara dengan ekonomi yang sedang berkembang, berupaya makin meluaskan pasar produksinya.

Hubungan Indonesia dan negara-negara Afrika juga sudah ditegaskan melalui penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika 1955. Tak hanya soal ekonomi, sejak awal, Indonesia merupakan negara yang siap memberikan dukungan politik terhadap kemerdekaan negara-negara di Afrika. Demikian pula sebaliknya.

"Hal itu memperlihatkan keeksistensian Indonesia di Afrika. Afrika tidak hanya sebagai mitra kerja sama, tapi juga sebagai rekan seperjuangan sesama negara berkembang," kata Salman.

Sementara itu, Direktur Brenthurst Foundation, Gregory Mills dari Afrika Selatan mengatakan, peningkatan kerja sama kedua pihak, Asia dan Afrika merupakan keniscayaan. Tak hanya untuk alasan sesama negara berkembang, namun untuk bisa mewujudkan tujuan bersama.

"Apakah Indonesia sepenuhnya mengenal Afrika dan sudahkah Afrika mengenal Indonesia ? Itulah yang kini harus dikembangkan," kata Mills.

Dia menambahkan, hubungan Indonesia dan negara-negara Afrika telah diakui oleh dunia internasional. Salah satunya relasi melalui forum internasional KAA tersebut.

2025, Afrika Akan 'Langkahi' India dan China

Pembentukan Dewan Bisnis Indonesia-Afrika Masih Berlangsung

Dewan Bisnis akan permudah hubungan dagang RI-Afrika.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2016