Jokowi: Indonesia Mitra Utama Timor Leste

Sumber :
  • Edit/Biro Pers-Sekretariat Presiden

VIVA.co.id - Berkunjung ke Dili, Timor Leste, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menegaskan komitmen Indonesia menjadi mitra pembangunan utama bagi negara tetangga tersebut.

Tujuh Poin Arahan Presiden Kepada Pimpinan TNI-Polri

"Saya ingin menegaskan komitmen Indonesia sebagai mitra utama pembangunan di Timor Leste dan dalam meningkatkan kerja sama di berbagai bidang," kata Jokowi di Dili, Timor Leste, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 26 Januari 2016.

Jokowi mengatakan, persahabatan kedua negara juga didukung geografis yang berdekatan. Dengan kondisi demikian maka Indonesia dan Timor Leste harus saling mendukung.

Tiba di Dili, Jokowi Disambut Sejumlah Menteri

Selain melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan, Palacio Presidencial, pemerintah kedua negara juga melakukan penandatanganan lima nota kesepahaman khususnya dalam penyelesaian lintas batas kedua negara.

Dalam kunjungannya kali ini, Presiden Joko Widodo mendapat anugerah Bintang Jasa Tertinggi Republik Demokratik Timor Leste, Grande Colar de Ordem de Timor Leste oleh Presiden Taur Matan Ruak.

Jokowi Optimistis Target Kunjungan Wisata Tercapai

"Penghargaan ini menjadi tanggung jawab besar bagi saya dalam menjaga persahabatan, menjaga persaudaraan dan kerja sama yang erat dan saling menguntungkan bagi kedua negara," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi kemudian dijamu makan siang oleh Presiden Taur Matan Ruak dan Ibu Isabel de Costa Ferreira.

(mus)

Jokowi hadiri KTT US-ASEAN di California, Amerika Serikat, Selasa (16/2/2016)

Jokowi ke Silicon Valley

Untuk menemui para CEO perusahaan IT raksasa asal Amerika

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2016