Sekjen PBB Dorong Terorisme, Kata PM Israel Netanyahu

Bendara Israel dan PM Israel Benjamin Netanyahu.
Sumber :
  • Reuters/Ronen Zvulun
VIVA.co.id
Mantan PM Selandia Baru Melamar Jadi Sekjen PBB
- Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menuduh Sekjen PBB, Ban Ki Moon, turut mendorong terorisme. Pernyataan itu disampaikan Netanyahu menanggapi kalimat Ban, yang mengatakan perlawanan yang dilakukan rakyat Palestina atas pendudukan Israel adalah hal yang alamiah.

Wapres AS Sentil Israel soal Permukiman Ilegal

"Pernyataan yang disampaikan oleh Sekjen PBB justru mendorong terorisme," kata Netanyahu dalam pernyataannya seperti dikutip oleh
OKI: Jangan Kaitkan Teror dengan Islam
BBC, Rabu, 27 Januari 2016.  "Tak ada pembenaran apa pun dalam urusan teror," dia menegaskan.


Sebelumnya, Ban mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB dari "rasa yang mendalam keterasingan dan keputusasaan, membuat beberapa warga Palestina - terutama orang-orang muda" meningkatkan serangan terhadap Israel sejak awal Oktober 2015.


"Rasa frustasi rakyat Palestina terus tumbuh dalam tekanan penjajahan yang tak pernah selesai selama seperempat abad dan melemahnya proses perdamaian," kata Ban.


"Sebagai rakyat yang tertindas hampir sepanjang zaman, pendudukan yang terjadi telah menjadi inkubator bagi tumbuhnya kebencian dan ekstremisme," katanya.


Kekerasan yang meningkat sejak Oktober 2015 telah menewaskan 155 warga Palestina dan 28 warga Israel. Menurut pejabat Israel, sebagian besar warga Palestina yang tewas adalah pelaku teror. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya