Dubes AS Puji Menteri Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Antara/Joko Sulistyo

VIVA.co.id - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake, memuji Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Blake memuji Susi atas kerja kerasnya mengatasi dan memberantas praktik penangkapan ikan secara ilegal yang terjadi di wilayah perairan laut Indonesia.

Pujian tersebut disampaikan Blake sebelum menghadiri acara seminar dan kampanye yang bertajuk "Kampanye Laut Kita."  Kampanye itu diadakan dengan mengangkat tema “Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (IUU Fishing)”.

"Saya memuji Menteri Susi yang berhasil mengurangi dan menghentikan pencurian ikan di perairan Indonesia," kata Blake yang ditemui di @america, Pacific Place, Jakarta, Rabu, 27 Januari 2016.

Ia lalu menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Ambon, Ternate, dan Papua. Di wilayah itu, Blake  sempat berbicara dengan nelayan, dan mereka melihat adanya penurunan yang cukup signifikan dalam kasus pencurian ikan.

"Karena itu, tangkapan para nelayan lebih banyak dan ukuran ikan yang ditangkap juga lebih besar," tutur Blake.

Ia beranggapan, upaya kerja sama antara Indonesia dan Kedutaan AS dalam lingkup pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal berujung positif.

Menteri Susi: 4 Kapal Baru untuk Berantas Pencurian Ikan

"Tindakan bersama kita di area-area pencurian ikan bukan hanya menghentikan pencurian ikan secara ilegal, tapi juga meningkatkan penghasilan para nelayan serta juga upaya konservasi," ujar Blake.

AS dan Indonesia telah menjalin kerja sama di bidang kemaritiman yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk rencana aksi dalam masalah keamanan, ekonomi, pelestarian, dan pengelolaan, keselamatan serta iptek terkait kelautan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan

"Total asuransi yang akan diberikan senilai Rp175 miliar."

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016