Kemlu Pastikan Tak Ada WNI di Brasil Terinfeksi Virus Zika

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Teresia May

VIVA.co.id - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nassir, memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) di kawasan Amerika Selatan yang terkena wabah virus zika. Penyebaran virus ini tengah menjadi sorotan masyarakat dunia.

"Hingga saat ini dari laporan yang kami dapatkan dari KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Brasil, tidak ada WNI yang membuat laporan terinfeksi virus Zika," ujar Arrmanatha saat konferensi pers di gedung Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kamis 28 Januari 2016.

Virus zika merupakan virus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegpety. Virus yang bermula dari negara Afrika itu sekarang sudah menyebar ke sejumlah negara di kawasan Amerika Selatan, termasuk Brasil.

Tanggapan Kemlu soal Heboh Surat Permintaan Fasilitas

Virus ini menyerang janin dalam kandungan sehingga mengakibatkan bayi lahir dengan kondisi kepala kecil dan kerusakan otak.

"Kami selalu melakukan monitoring dengan KBRI di Brasil. Belum diketahui seberapa besar wabah ini dan apa saja pengaruhnya," ujar Tata, sapaan Arrmanatha.

"KBRI kita terus melakukan komunikasi dengan WNI dan menganjurkan untuk terus mengikuti saran dari otoritas kesehatan setempat," Tata menambahkan.

Saat ini terdapat total 345 WNI di Brasil. Mereka umumnya merupakan pengusaha. (ren)

Heboh Surat Minta Fasilitas, Ini Respons KemenPAN-RB



Menpan-RB Yuddy Chrisnandi saat sidak di ANRI.

Surat Permohonan Fasilitas Bukan Arahan Menteri Yuddy

Dibuat tanpa sepengetahuan Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2016