Kisah 3 Srikandi Taklukkan Gunung Tertinggi Amerika Selatan

Sumber :
  • Dok. Universitas Katolik Parahyangan

VIVA.co.id - Pada Minggu, 31 Januari 2016 pukul 03.45 WIB dini hari, Tim pendaki putri The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU) berhasil mencapai puncak Gunung Aconcagua (6.962 mdpl), Argentina dan mengibarkan bendera merah putih.

Balita Ini Sudah Mendaki Sejak Usia 1 Tahun

Pencapaian ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk tiga srikandi Mahasiswi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), yaitu Fransiska Dimittri, Mathilda Dwi Lestari dan Dian Indah Carolina. Ketiganya baru bisa menceritakan kisah mereka secara rinci kepada tim di Bandung, setelah kembali turun ke base camp di Plaza de Mulas.

Fransiska, Mathilda, dan Dian membutuhkan waktu 12 jam perjalanan untuk mencapai puncak. Namun, hanya Fransiska dan Matilda yang berhasil mengibarkan merah putih.

Warga Rusia Hilang di Gunung Agung Pas Nyepi

Di tengah jalan (pada ketinggian +/- 6.300 mdpl), Dian terpaksa harus menghentikan perjalanan karena mengalami gangguan kesehatan. Ia pun diharuskan kembali ke camp 3 untuk memulihkan kondisi fisik yang tidak memungkinkan melanjutkan summit attack. Keputusan berat ini harus diambil, mengingat keselamatan adalah prioritas.

"Dari tititk ini pendakian hanya dilanjutkan oleh Fransiska dan Mathilda," ujar Tim Publikasi WISSEMU 2015, Alfons Yoshio dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Selasa 2 Februari 2016.

Mengintip Perjalan Tim Ekspedisi RI ke Aconcagua

Tim juga menceritakan panjangnya jalur menuju puncak dan curamnya tanjakan yang harus mereka lalui. Seperti jalur traverse sekitar 500 meter, yang langsung disusul tanjakan terjal Canaleta di ketinggian 6.600 mdpl, sebelum Puncak Aconcagua. Tantangan ini, masih ditambah angin yang bertiup kencang selama perjalanan.

Ucap syukur adalah hal yang pertama kali dilakukan Tim WISSEMU,  ketika mencapai Puncak Aconcagua. Namun sayang, mereka tidak sempat berlama-lama di puncak, karena kekhawatiran kondisi cuaca yang cepat berubah.

Menanggapi keberhasilan ini, Rektor Unpar, Mangadar Situmorang, turut memberikan ucapan selamat. "Keberhasilan mencapai Puncak Aconcagua adalah buah dari tekad yang gigih, stamina yang kuat, dan jiwa optimis yang tinggi," ucapnya.

Gunung Aconcagua di Provinsi Mendoza, Argentina, adalah gunung tertinggi di Benua Amerika Selatan. Gunung ini menjadi puncak keempat yang berhasil dicapai Tim WISSEMU. Gunung Aconcagua terletak di jajaran Pegunungan Andes dan terkenal memiliki cuaca dingin ekstrem, ditambah badai angin berbahaya dan dikenal dengan sebutan el viento blanco.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya