Ujung Selatan AS Waspada Virus Zika

Sumber :
  • REUTERS/Pilar Olivares

VIVA.co.id - Negara bagian Florida selangkah lebih maju dalam pemberantasan nyamuk aedes aegypti ketimbang negara bagian lainnya di Amerika Serikat. Di sana telah ditingkatkan program penyemprotan nyamuk dan pelatihan bagi masyarakat untuk mencegah terkena virus Zika.

Dilansir dari Reuters, Selasa, 2 Februari 2016, nyamuk penyebar virus Zika, aedes aegypti dan aedes albopictus, banyak ditemukan di daerah Florida dan sepanjang Teluk Meksiko.

"Hillsborough County, yang terletak di Pesisir Barat Florida, saat ini sedang melakukan penyemprotan dan pemantauan nyamuk serta menyisir wilayah perumahan orang yang terjangkit virus Zika," kata seorang direktur bagian departemen pengendalian nyamuk di Florida.

Di Provinsi Pinellas, pihak otoritas juga berencana mengadakan seminar untuk menginformasikan masyarakat mengenai cara membersihkan genangan air, di mana nyamuk dapat bertelur dan melakukan banyak program penyemprotan atau fogging di perumahan warga.

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC menegaskan, pihaknya sedang melaksanakan program khusus terkait virus yang disebutkan bisa menyerang otak janin yang berada dalam kandungan ini.

Sementara itu, negara bagian Texas, yang sudah memiliki delapan kasus Zika, belum mengupayakan sebuah program pengendalian nyamuk. Akan tetapi, mereka telah meminta badan penyedia layanan kesehatan untuk memantau kasus ini.

Para pejabat di Illinois, New York dan Los Angeles, juga sedang melakukan program pencegahan dengan upaya mengurangi jumlah nyamuk yang ada di wilayah itu.

Adapun Houston, pihak otoritas melakukan upaya pencegahan dengan menginformasikan kepada masyarakat mengenai cara-cara pencegahan dan mengingatkan dokter mengenai adanya kemungkinan virus Zika.

"Caranya dengan mencatat riwayat kesehatan pasien serta membicarakan hal ini dengan para pasien yang sedang hamil," kata Juru Bicara Departemen Kesehatan Houston, Porfirio Villarreal. (ren)

Cegah Virus Zika, Jawa Timur Bentuk Tim Reaksi Cepat
Nyamuk Aedes Aegipty, penyebab Virus Zika.

Membedakan Gejala Virus Zika dengan Demam Berdarah

Timbulnya mata merah dan skin rash atau ruam kulit

img_title
VIVA.co.id
8 September 2016