Zika Bisa Menular Melalui Hubungan Intim?

Virus Zika dalam foto yang dirilis CDC AS.
Sumber :
  • REUTERS/CDC/Cynthia Goldsmith/Handout via Reuters

VIVA.co.id - Kasus terbaru penyebaran virus Zika terjadi di Amerika Serikat. Di Dallas, Texas ditemukan seorang pasien terkena Zika bukan dari gigitan nyamuk aeges aegypti, melainkan melalui hubungan seksual.

Dilansir dari bbc.co.uk, Rabu, 3 Februari 2016, Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyebutkan bahwa pasien yang tidak disebutkan namanya ini terinveksi Zika usai berhubungan badan dengan pasangannya yang baru datang dari Venezuela.

Sementara itu, Palang Merah Amerika Serikat mengingatkan kepada para pendonor darah bahwa bagi mereka yang ingin melakukan donor darah harus menunggu hingga 28 hari ke depan.

Langkah ini bertujuan untuk meminimalisasi penyebaran Zika melalui transfusi darah. "Mereka (pendonor) yang kembali dari Meksiko, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan harus 'berpuasa' sampai empat minggu untuk mendonorkan darahnya," demikian keterangan resmi dari Palang Merah Amerika Serikat.

Zika merupakan virus berbahaya yang menyerang otak dan kepala pada janin bayi saat di kandungan. Penyakit ini menjadi perhatian khusus Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) sampai-sampai masuk kategori "darurat kesehatan internasional".

Cegah Virus Zika, Jawa Timur Bentuk Tim Reaksi Cepat
Nyamuk Aedes Aegipty, penyebab Virus Zika.

Membedakan Gejala Virus Zika dengan Demam Berdarah

Timbulnya mata merah dan skin rash atau ruam kulit

img_title
VIVA.co.id
8 September 2016