Australia Tegas soal Penyelundupan Manusia

Ilustrasi kapal manusia perahu
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Pelecehan Seksual Bayangi Anak Pengungsi di Australia
- Pemerintah Australia bersikap tegas dalam melindungi kedaulatan dan wilayah perbatasannya dari penyelundupan manusia.

Australia Siapkan Program 5.000 Doktor untuk Indonesia

Menteri Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan Australia, Peter Dutton, mengatakan, pihaknya tetap teguh dalam komitmennya untuk mengatasi penyelundupan manusia dan mencegah mereka mempertaruhkan nyawa di laut.
Indonesia Ajarkan Australia Cara Tangani Terorisme


"Australia telah memindahkan lebih 20 perahu dari perairan kami selama dua tahun terakhir. Ini kebijakan kami untuk mengembalikan manusia perahu ke negara asalnya," kata Dutton, dalam keterangan pers yang diterima
VIVA.co.id
, di Jakarta, Kamis, 4 Februari 2016.


Pemerintah, Dutton melanjutkan, pemrosesan dan pemukiman di Australia tidak akan pernah menjadi pilihan dan tidak ada pengecualian. Ia mengatakan, aturan ini berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali, termasuk mereka yang berupaya memanfaatkan penyelundup manusia untuk mencapai Australia mempertaruhkan segala risiko, termasuk jiwa dan anggota keluarga mereka.


"Pesan saya adalah untuk mengatasi mereka yang melakukan perjalanan dengan perahu secara tidak sah ke Australia. Mereka akan dicegat dan dikeluarkan dari perairan Australia atau mereka akan dikirim ke negara lain untuk pemrosesan," tutur Dutton.


Kebijakan Pengadilan Tinggi Australia memutuskan pemrosesan kawasan terus berlangsung yang merupakan unsur utama kebijakan Operasi Perlindungan Kedaulatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya