Lima Tahun, 470 Ribu Warga Suriah Mati Sia-sia

Rakyat Suriah mengibatkan bendera nasional setelah wilayah mereka bebas dari cengkeraman ISIS.
Sumber :
  • Reuters/Omar Sanadiki

VIVA.co.id - Pusat Penelitian Kebijakan Suriah menjelaskan bahwa selama lima tahun perang saudara di Suriah mengakibatkan 470 ribu warga sipil Suriah meninggal dunia.

Dilansir situs Al-Arabiya, Jumat, 12 Februari 2016, dari 470 ribu tersebut, 400 ribu di antaranya meninggal akibat konflik dan 70 ribu lainnya meninggal karena faktor kesehatan dan sulitnya akses air bersih.

Sementara itu, sebanyak 1,9 juta warga terluka. Di mana sejak 2010 harapan hidup mencapai 70 persen namun hingga tahun lalu menurun drastis menjadi 55,4 persen. "Ini artinya, harapan hidup warga Suriah terus menurun dari tahun ke tahun. Mereka yang terluka akibat konflik jumlahnya 11 persen dari populasi,” bunyi rilis Pusat Penelitian Kebijakan Suriah.

Koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat terus mencoba untuk menghancurkan kelompok militan ISIS, yang kini menjadi akar masalah di Suriah. Koalisi juga ingin Presiden Suriah, Bashar al-Assad untuk mundur dari jabatannya. Namun hal itu sulit lantaran Assad didukung oleh Iran dan Rusia.

Kisah Haru Atlet Olimpiade Nyaris Mati Menolong Pengungsi
Jet tempur Rusia

Jet Rusia Jatuhkan Bom di Suriah, 10 Warga Terluka

Serangan ini diklaim oleh aktivis sebagai aksi balas dendam.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016