India Perkuat Kerja Sama Perdagangan dan Maritim dengan RI

Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id - Duta Besar India untuk Indonesia yang baru, Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya, ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di bidang perdagangan dan maritim. Program ini akan ia jalankan selama masa tugasnya sebagai duta besar.

"Selama ini perdagangan kedua negara berjalan baik, dan saya rasa berkewajiban untuk meneruskannya supaya lebih baik lagi. Untuk perdagangan, kita ingin memperluas sektor komoditas dan pertanian. Untuk maritim, kita tekankan kerja sama anti-terorisme serta pendidikan dan pelatihan AL kedua negara," kata Lhouvum, kala ditemui di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu malam, 17 Febuari 2016.

Wanita berkulit coklat yang menggantikan Gurjit Singh yang mendapat tugas baru di Berlin, Jerman ini, mengakui, jika saat ini, secara nilai, perdagangan di seluruh dunia sedang menurun. Hal itu otomatis berimbas ke hubungan dagang kedua negara.

Bertemu Menteri Australia, Yasonna Bahas Soal Terorisme

"Memang nilainya (perdagangan dunia) turun. Imbasnya ke India dan Indonesia. Tapi, hal itu tidak menyurutkan hubungan dagang tapi justru kita ingin memperbesar dari sisi jumlah," ujarnya menambahkan.

Selain perdagangan, India juga tertarik kerja sama anti-terorisme dan program pendidikan serta pelatihan AL. "Kita negara tetangga yang berbasis maritim. Jadi, dengan kerja sama ini diharapkan masing-masing AL makin paham satu sama lain," ujarnya menerangkan.

Sementara untuk kerja sama lainnya, kedua negara memiliki peran, baik di kawasan maupun internasional, dalam banyak aspek termasuk di bidang perkembangan sumber daya manusia (SDM), investasi, teknologi, lingkungan hidup dan kebudayaan.

"Dari semua sektor, kedua negara banyak melakukan kerja sama. Tugas saya adalah untuk membangun fondasi semua hubungan kerja sama itu dan saya butuh dukungan Anda semua untuk menjalankan mandat ini."

(mus)

UEA: Teroris Sebarkan Radikalisme Lewat Video Game
Polisi Antiteror Kanada.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Tersangka bernama Aaron Driver dan ia bertindak tunggal.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016