China Kirim Pesawat Tempur ke Wilayah Sengketa

Kepulauan Spratly di Laut China Selatan.
Sumber :
  • REUTERS/Rolex Dela Pena/Pool

VIVA.co.id – China kembali unjuk kekuatan militer di wilayah sengketa. Sambil terus membangun pangkalan militer, mereka juga melakukan manuver lainnya.

Laut China Selatan Memanas, Beijing: Siap-siap Perang

China mengirimkan pesawat tempur mereka ke pulau yang masih menjadi sengketa di Laut China Selatan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh seorang sumber dari pemerintah AS.

Seperti dikutip oleh Reuters, Rabu, 24 Februari 2016, sumber tersebut mengatakan China secara teratur mengirimkan jet ke Pulau Woody, sebuah pulau yang menjadi bagian dari kepulauan Paracel dan berada dalam pengawasan Beijing. Pengiriman pesawat tempur yang dilakukan oleh China pertama kali dilaporkan oleh Fox News.

Ini bukan aksi pertama China yang memperlihatkan kekuatan militer mereka di wilayah sengketa di Laut China Selatan. Sejak akhir tahun lalu, China juga terus membangun pangkalan militer dengan melakukan reklamasi di Pulau Spratly.

Meski aksi ini menuai protes dari negara-negara sekitar China, seperti Jepang, Vietnam, dan Filipina, China bergeming. Mereka merasa berhak atas kepemilikan wilayah tersebut.

Buku Putih Pertahanan Jepang Bikin China Meradang
Foto terbaru soal pembangunan di wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Padahal Pengadilan Arbitrase memutuskan klaim China tak berdasar.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016