WHO: Brasil Bisa Pastikan Olimpiade Aman

Direktur Jenderal WHO, Dr. Margareth Chan
Sumber :
  • REUTERS/Denis Balibouse

VIVA.co.id - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Margaret Chan, mengaku optimistis jika Brasil tetap bisa menjadi tuan rumah Olimpiade Rio de Janeiro pada Agustus 2016 dengan aman, meskipun ancaman virus Zika masih mengancam.

Dilansir dari situs Channel News Asia, Rabu, 24 Februari 2016, Chan yang mengunjungi Brasil selama 48 jam terakhir, juga memuji usaha Brasil untuk memberantas nyamuk aedes aegypti dan bekerja sama dengan sejumlah lembaga internasional, termasuk WHO dan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

"Kita harus memastikan orang-orang yang datang ke sini, baik sebagai atlet atau pun penonton Olimpiade, akan mendapatkan keamanan tingkat tinggi. Dan saya yakin pemerintah bisa melakukan hal itu," kata Chan.

Akan tetapi, dia mengingatkan bahwa akan tetap ada “pertarungan yang panjang” untuk membasmi Zika yang selama ini diperkirakan menjadi penyebab cacat lahir pada bayi, karena menyerang janin pada ibu hamil.

"Virus Zika sangat rumit, sangat ulet, dan sangat sulit (untuk diberantas). Begitu pula dengan nyamuk aedes aegypti. Kami telah belajar dari virus dengue sampai wabah chikungunya di masa lalu. Jadi, kami harus siap untuk menghadapi lebih banyak kasus dalam jangka panjang," kata Chan.

Berantas Zika, WHO Butuh Duit US$56 Juta
 Maskot Olimpiade 2016 Brasil

Gara-gara Zika, Brasil Jadi 'Galau' Gelar Olimpiade

Terjadi ledakan kasus mikrosepali.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2016