Gadis Remaja Swedia Berhasil Lolos dari ISIS

Pasukan ISIS di Suriah.
Sumber :
  • channelnewsasia.com

VIVA.co.id - Seorang remaja asal Swedia berusia 16 tahun berhasil diselamatkan dari kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Dia mengaku menjalani hidup yang sangat berat semasa berada di bawah kuasa ISIS.

ISIS Ungkap Enam Alasan Membenci Barat dan Eropa

Dilansir dari situs Reuters, Rabu, 24 Februari 2016, gadis yang tidak disebutkan namanya itu dijebak oleh kekasihnya sendiri sehingga masuk ke 'perangkap' kelompok teroris.

"Saya bertemu dengan pacar saya pada pertengahan tahun 2014. Saya bertemu dengannya setelah dikeluarkan dari sekolah di Swedia. Awalnya, hubungan kami baik-baik saja sampai suatu saat pacar saya mulai memperlihatkan video-video ISIS dan selalu membicarakan mereka," kata gadis malang itu.

Ia melanjutkan, pacarnya kemudian mengaku ingin bergabung dengan ISIS. Sang gadis pun mempersilakannya, karena dia sendiri sebenarnya tidak mengerti apa itu ISIS atau agama Islam.

Akhirnya, sejoli itu meninggalkan Swedia pada Mei 2015 menggunakan bus untuk melintasi Eropa hingga mencapai perbatasan Turki untuk kemudian memasuki Suriah.

Sampai di sana, militan ISIS kemudian mengangkut mereka dan pasangan lainnya ke Kota Mosul dan menempatkan mereka pada sebuah rumah tanpa fasilitas listrik maupun air.

"Saya tidak memiliki uang dan kehidupan di sana sangatlah sulit. Untunglah, saya masih memegang telepon seluler dan masih terdapat sinyal. Saya segera menelepon ibu lalu bilang kalau saya ingin pulang," ujar sang gadis.

Beruntung, gadis ini bisa diselamatkan pada 17 Februari 2016 dan segera diserahkan oleh otoritas Swedia di wilayah Irak.

"Di Swedia kami memiliki segalanya. Di sana (Suriah) saya mengalami hari-hari yang sangat sulit dan itu tidak bisa saya lupakan," tuturnya. (ase)

Malaysia Gagalkan Penculikan PM Najib oleh Teroris IS
Militan ISIS menggunakan tank tempur.

Merasa Tersudut, ISIS Deklarasikan Perang Melawan Rusia

AS dan Rusia terus membahas kerjasama melawan ISIS.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016