Singapura Janji Genjot Arus Investasi dan Turis ke RI

Presiden Singapura, Tony Tan, dan Duta Besar baru Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya, dan istri.
Sumber :
  • KBRI Singapura / The Istana

VIVA.co.id - Presiden Singapura, Tony Tan Keng Yam, mengungkapkan komitmen pemerintahnya untuk menggenjot investasi dan kunjungan wisata ke Indonesia. Dia juga berharap, Duta Besar baru Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya, bisa meningkatkan hubungan dua negara yang bertetangga sangat dekat ini.

Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia

Demikian salah satu isi pembicaraan Presiden Tan dengan Dubes Swajaya. Pembicaraan berlangsung, saat Swajaya menyerahkan Surat-surat Kepercayaan (credentials) kepada Presiden Tan di Istana Presiden Singapura, Kamis kemarin.

Menurut keterangan dari Kedutaan Besar RI di Singapura kepada VIVA.co.id, dalam pembicaraan yang berlangsung hangat dan bersahabat tersebut, Dubes Swajaya sampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden dan rakyat Singapura.

Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah

Selain itu, Presiden Tony Tan Keng Yam dan Dubes Swajaya juga sepakat untuk terus meningkatkan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang. “Hubungan dan kerja sama bilateral, khususnya bidang ekonomi akan terus ditingkatkan, sehinga kedua negara dapat memanfaatkan secara timbal balik kerja sama yang saling menguntungkan bagi kepentingan rakyat kedua negara,” kata Swajaya.

Dia juga menyampaikan, perlunya mendorong peningkatan kerja sama dalam kerangka ASEAN, setelah berlakunya Masyarakat ASEAN pada awal 2016 dan menggaris bawahi bahwa potensi ASEAN sangat besar dan sangat menarik bagi pengusaha manca negara.

BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor

Untuk itu, momentum pencanangan Masyarakat ASEAN diharapkan dapat memperkuat proses integrasi kawasan dan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

Sementara itu, Presiden Tan mengungkapkan komitmen Singapura untuk perkuat hubungan dengan Indonesia. “Sebagai investor dan sumber wisatawan asing terbesar di Indonesia, Singapura sepakat untuk terus tingkatkan investasi dan kunjungan wisatawan ke Indonesia, serta meningkatkan kerjasama yang lebih erat, baik dalam kerangka bilateral, regional khususnya ASEAN, maupun multilateral,” kata Tan.

Wisatawan Singapura ke Indonesia tahun 2015 mencapai 1,5 juta orang. Selain itu, nilai investasi ke Indonesia tahun 2015 mencapai US$ 5,9 miliar, ungkap KBRI Singapura.

Saat penyerahan credentials kepada Presiden Tan, Dubes Swajaya didampingi Ibu Mahaswi Swajaya dan Wakil Kepala Perwakilan RI di Singapura, Ridwan Hassan, serta Atase Pertahanan Kolonel Pnb. Tjahya Elang Migdiawan.

Penyerahan surat-surat kepercayaan diawali dengan pemeriksaan barisan kehormatan di istana, dilanjutkan dengan pembicaraan bilateral antara Dubes Swajaya dengan Presiden Republik Singapura. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya