Jokowi : OKI Harus Jadi Bagian dari Solusi Merdeka Palestina

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • dunia.news.viva.co.id

VIVA.co.id - Presiden Republik Indonesia memberikan sambutannya dalam pembukaan KTT Luar Biasa Organisasi Konferensi Islam (OKI), Senin, 7 Maret 2016. Melalui sambutannya, Jokowi menegaskan komitmen Indonesia yang akan terus mendampingi Palestina.

Israel: Kalau Punya Hubungan Rahasia, Pasti Ada Perjanjian

“Sejak tahun 1962, Indonesia sudah menyatakan dukungannya agar Palestina memperoleh kebebasannya. Selama Palestina belum merdeka, maka selama itu pula lah, Indonesia berdiri bersama bangsa Palestina. Hari ini, Indonesia menunjukkan konsistensi sikapnya, dengan kesediaan menjadi tuan rumah KTT Luar Biasa OKI,” ujar  Jokowi.

Jokowi  juga meminta rakyat Palestina untuk bersatu dan melakukan rekonsiliasi. Menurut Presiden, hanya dengan bersatu dan bersedia melakukan rekonsiliasi, maka kemerdekaan bangsa Palestina bisa direbut kembali. “Indonesia siap membantu Palestina untuk melakukan proses rekonsiliasi,” Jokowi menegaskan.

Rombongan Menlu Retno Ditolak Israel, RI Harusnya Bangga

Jokowi juga meminta OKI agar semakin aktif mendukung kebebasan Palestina. “Peran OKI sangat strategis dalam membantu mewujudkan kemerdekaan bagi Palestina. Jika OKI tak mengambil peran aktif, maka keberadaan OKI sudah tak relevan lagi,” ujar Presiden.

Jokowi juga mengatakan, KTT Luar Biasa OKI adalah momentum penting bagi rakyat Indonesia, karena melalui KTT ini, Indonesia menunjukan sikap konsistennya pada Palestina.  

Menlu Lantik Konsul Kehormatan RI Ramallah di Amman

Selain terus mendampingi bangsa Palestina, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan, salah satu bentuk dukungan lainnya adalah Indonesia akan segera membuka konsulat kehormatan di Ramallah.  (ase)

Presiden Joko Widodo saat beri keterangan pers soal Yerusalem

OKI Apresiasi Peran Indonesia Merdekakan Palestina

Tinggal diimplementasikan ke semua negara anggota.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016