Jepang Berterima Kasih ke RI Bantu Korban Tsunami Tohoku

Jepang saat memperingati 4 tahun tsunami dan gempa, 201
Sumber :
  • REUTERS / Kyodo
VIVA.co.id
Terungkap, Ramalan Cuaca Setop Dunia dari Perang Nuklir
- Pada peringatan lima tahun terjadinya gempa dahsyat dan tsunami di wilayah Tohoku, Jepang, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Tanizaki Yasuaki, menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas simpati dan dukungan hangat yang telah menyemangati Jepang untuk bangkit kembali.

Setiap Tahun Ribuan Mahasiswa Indonesia Belajar ke Jepang

"Sesaat setelah terjadinya bencana tersebut, pemerintah Indonesia langsung menyatakan simpati serta dukungannya yang segera disusul dengan pengiriman tim Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB) serta berbagai bantuan berupa barang siap pakai maupun dana," kata Yasuaki, dalam keterangan pers yang diterima
Peringatan Tsunami Gempa Jepang Dicabut
VIVA.co.id , Jumat, 11 Maret 2016.


Selain itu, ia melanjutkan, yang juga tidak kalah penting adalah mengalirnya dukungan dan simpati yang luar biasa dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia, baik moril maupun materil, yang tidak ternilai harganya.


"Pada peringatan lima tahun terjadinya bencana ini, mewakili pemerintah dan masyarakat Jepang, sekali lagi saya ingin menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya atas segala bantuan dan dukungan hangat dari masyarakat Indonesia," ungkapnya.


Yasuaki juga mengatakan, jika ada kesempatan, pemerintah Jepang ingin para sahabat Indonesia datang dan melihat sendiri sejauhmana wilayah Tohoku telah bangkit kembali.


Beberapa waktu yang lalu, PBB telah menetapkan 5 November sebagai “Hari Tsunami Internasional” yang diusulkan oleh 142 negara, terutama Jepang dan Indonesia, dengan harapan masyarakat dunia dapat belajar dari pengalaman dan menyadari pentingnya penanggulangan bencana. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya