Tiga Dugaan Penyebab Pesawat Flydubai Jatuh dan Terbakar

Kondisi puing-puing pesawat Flydubai
Sumber :
  • Reuters/stringer

VIVA.co.id - Pesawt Flydubai yang menuju Rusia, jatuh dan terbakar di Bandara Rostov on Don, Rusia. Semua yang berada di pesawat tersebut, 55 orang penumpang dan 7 orang kru tewas. 

Jasad Militer Rusia Ditahan Militan Suriah

Kasus kecelakaan pesawat murah milik Dubai ini masih diselidiki. Sebelum kecelakaan, pesawat ini sempat mengitari bandara selama dua jam. Pesawat jenis Boeing 737-800 ini sempat ingin mendarat dua kali. Kotak hitam pesawat sudah ditemukan dalam keadaan rusak. 

Berdasarkan laporan Komite Keselamatan Penerbangan yang berbasis di Amerika Serikat terjadi angin kencang dengan kecepatan 43 kilometer/h, dengan hembusan sampai 69 kilometer. 

Kala Pasukan Khusus Rusia 'Berguru' pada Sekte Tua

Tetapi, diduga sejauh ini ada tiga unsur yang menjadi penyebab kecelakaan pesawat tersebut. 

"Versi yang berbeda atas terjadinya kecelakaan itu adalah, kesalahan manusia, kesalahan teknis, dan kondisi cuaca yang buruk," ujar perwakilan Komite Keselaman Penerbangan seperti dilansir dari Reuters

Rusia Kirim Kapal Induknya ke Laut Mediterania

Investigasi kasus kecelakaan pesawat ini masih terus dilakukan oleh Komite Investigasi Rusia.

Sementara itu, Kepala Konsultasi Keselamatan Penerbangan Moskow, Sergei Melnichenko menyatakan sejauh ini tidak terlihat adanya aksi terorisme di balik jatuhnya dan terbakarnya pesawat dengan nomor penerbangan FZ981. 

Maskapai Flydubai memiliki catatan keamanan yang bersih. Maskapai penerbangan ini mulai terbang pada tahun 2009 dengan menggunakan boeing 737, salah satu jenis pesawat yang banyak digunakan di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya