Pelaku Bom Bunuh Diri Turki Anggota ISIS

Pihak keamanan Turki berjaga-jaga saat terjadi bom di Istanbul.
Sumber :
  • Huriyet

VIVA.co.id - Kementerian Dalam Negeri Turki mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi pelaku bom bunuh diri dalam serangan di Istanbul, Sabtu. Mengutip situs Russia Today, Senin, 21 Maret 2016, Mendagri Turki Efkan Ala mengatakan, pelaku seorang pria bernama Mehmet Öztürk yang lahir pada 1992 di selatan kota Gaziantep, Turki.

"Pelaku juga berafiliasi dengan ISIS. Tapi, dia tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya," kata Ala. Dia juga mengatakan kalau pihaknya telah menangkap lima orang terkait peristiwa pemboman yang menewaskan empat orang dan 30 orang terluka.

Ledakan itu terjadi di Jalan Istiklal di daerah perbelanjaan populer Istanbul. Dua orang warga negara AS, seorang Israel dan Iran, termasuk di antara para korban. Saat itu, belum yang mengaku bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Akibatnya, beberapa pejabat tinggi Turki berspekulasi bahwa militan Kurdi adalah pelaku di balik serangan berdarah itu. Pemboman terjadi menjelang perayaan Newroz, yang dirayakan oleh banyak orang Kurdi dan kadang-kadang mengakibatkan bentrokan antara mereka dan tentara keamanan Turki.

Bom Rakitan 10 Kg Sisa Konflik Aceh Ditemukan
Polisi Antiteror Kanada.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Tersangka bernama Aaron Driver dan ia bertindak tunggal.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016