Korsel Konfirmasi Warganya Terinfeksi Zika

Virus Zika dalam foto yang dirilis CDC AS.
Sumber :
  • REUTERS/CDC/Cynthia Goldsmith/Handout via Reuters

VIVA.co.id - Korea Selatan telah mengkonfirmasi kasus pertama virus Zika pada seorang pria yang baru saja kembali dari Brasil.

Mengutip situs BBC, Selasa, 22 Maret 2016, Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan Korea Selatan, mengatakan, pria berusia 43 tahun tersebut didiagnosis pada Selasa dan dirawat di sebuah rumah sakit di kota Gwangju.

Beberapa negara di Asia telah melaporkan indikasi warganya terinfeksi Zika. Sementara Pemerintah Korea Selatan, menjelaskan, warganya yang terkena infeksi virus Zika telah dikarantina dan dilacak pergerakannya setelah dipulangkan.

Zika, virus yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti, telah dinyatakan sebagai keadaan darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Virus ini telah menyebar dengan cepat di Brasil dan Amerika, dan diduga menyebabkan cacat bagi bayi baru lahir yang terkena virus zika.

Namun, para ahli WHO memperingatkan hubungan antara virus dan mikrosepali, keadaan di mana bayi mengalami pertumbuhan kepala yang lambat, belum terbukti.

Laporan : Dinia Adrianjara

Virus Zika, Berbahaya Tapi Bisa Dicegah
Nyamuk Aedes aegypti di laboratorium Oxitec di Campinas, Brasil, 2 Februari 2016.

Thailand Umumkan Kelahiran Bayi Mikrosephalus karena Zika

Ini menjadi kasus mikrosephalus pertama di Asia Tenggara.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2016