KBRI: Tak Ada WNI Jadi Korban Ledakan Brussels

Pascaledakan bandara, warga meninggalkan lokasi ledakan
Sumber :
  • Reuters/Francois Lenoir

VIVA.co.id – Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, menyampaikan pada hari ini sekitar pukul 03.00 waktu setempat, terjadi dua ledakan di main departure hall di Zaventem Airport, Brussels. Ia menjelaskan, jarak Zaventem-KBRI Brussel sekitar 10 km atau 15 menit dengan kendaraan.

Rahasia Perang Dunia II Terungkap! Bunker Nazi Ditemukan di Belgia

"Pemerintah Belgia telah menetapkan status Siaga 4 (paling berbahaya). Sejauh ini dilaporkan 17 orang tewas dan puluhan terluka. Sejumlah saksi menyebutkan ledakan terjadi di dekat konter American Airlines di departure hall. Saksi juga sebut beberapa saat sebelum kejadian, sempat terdengar letupan senjata api dan sejumlah teriakan dalam bahasa Arab. Otoritas bandara telah mengamankan lokasi dan mendirikan crisis center," kata Iqbal dalam keterangan resmi yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 21 Maret 2016.

Ia menjelaskan saat ini Zaventem Airport berada dalam status "lockdown" sementara otoritas bandara mengalihkan seluruh kedatangan ke Antwerp. Seluruh jalur kereta ke bandara juga dihentikan sementara. Bandara Charleroi sekitar satu jam dari Brussel juga dijaga ketat pasukan keamanan, namun belum dilaporkan adanya insiden.

Usai Bela Timnas Indonesia, Sandy Walsh Menggila di Eropa

"Pasca ledakan, dilaporkan pula ledakan di metro station Maelbeek, tidak jauh dari kawasan Komisi Eropa dan Parlemen Eropa yakni 14 km dari Zaventem dan 6,5 km dari KBRI Brussel. Akibat peristiwa ini, stasiun pusat Gare Central dievakuasi. Hingga kini tidak ada WNI yang menjadi korban peristiwa tersebut. KBRI Brussel akan terus melakukan penelusuran dan mengamati perkembangannya," kata Iqbal.

Sebagai informasi hingga hari Senin (21/3) polisi federal Belgia masih memburu satu orang tersangka Serangan Paris a.n. Najim Laachraoui. Berdasarkam data Kemlu terdapat sekitar 1.630 WNI di Brussels dan Luxemburg.

Kapal yang Tabrak Jembatan Baltimore Pernah Terlibat Tabrakan di Pelabuhan Belgia pada 2016
Para tersangka kasus narkoba asal WNA yang berhasil di cokok usai selundupkan narkoba lewat jasa POS

Polri Buru WN Iran Pengirim 'Kado' Berisi 20 Ribu Ekstasi dari Belanda-Belgia

Polri bersama Bea Cukai mengungkap kasus penyelundupan narkoba jenis ekstasi jaringan internasional ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024