Oposisi Suriah Tuding Korut Dukung Rezim Al-Assad

Oposisi Suriah mengendus kedekatan rezim al-Assad dengan Korut
Sumber :
  • REUTERS/Kyodo

VIVA.co.id - Assad al-Zoubi, seorang anggota oposisi Suriah yang didukung Arab Saudi, mengatakan dua unit militer Korea Utara, bersandi Chalma-1 dan Chalma-7, berada di Suriah untuk membantu rezim Presiden Bashar al-Assad.

"Benar, mereka (militer Korea Utara) sudah berada di sana (Suriah)," ungkap al-Zoubi, dalam sebuah pertemuan di Jenewa, seperti dilansir situs Alarabiya, Senin, 28 Maret 2016.

Al-Zoubi, mantan kolonel dalam struktur komando militer gabungan Suriah dan Arab Saudi, saat ini memimpin pasukan pemberontak Free Syrian Army (FSA) yang tujuannya menggulingkan Presiden al-Assad.

Ia mengatakan, kehadiran militer Korea Utara sebagai kelompok yang "sungguh berbahaya dan fatal". Ini bukanlah pertama kali seorang pejabat oposisi mengklaim bahwa Korea Utara memberikan dukungan kepada rezim al-Assad.

Pada 2013, mantan Ketua Oposisi Dewan Nasional Suriah, Burhan Ghalioun, mengatakan pilot Korea Utara telah menerbangkan pesawat MiG dan bergabung bersama Angkatan Udara Suriah.

Lalu, pada 2014, Majalah Kemiliteran, Jane's Defence Weekly, melaporkan bahwa negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini turut membantu Suriah meningkatkan kemampuan rudal mereka. (one)

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS
Polisi Antiteror Kanada.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Tersangka bernama Aaron Driver dan ia bertindak tunggal.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016