4 Awak Kapal Malaysia Diculik Dekat Perairan Sabah

Ilustrasi / Kelompok bersenjata Abu Sayyaf di Filipina Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA.co.id - Empat awak kapal Malaysia, diculik oleh kelompok bersenjata Filipina, dekat Pulau Ligitan, pantai timur Sabah, Malaysia, pada Jumat malam, pukul 07.00.

Mengutip situs Inquirer, Sabtu 2 April 2016, laporan awal menyatakan bahwa delapan orang bersenjata Filipina di atas kapal cepat membajak kapal Malaysia, MV MASFIVE VI berawak sembilan orang, yang sedang mengirimkan kayu ke Manila, Filipina, dekat Pulau Ligitan.

Kelompok itu pun menahan mereka di bawah todongan senjata dan memaksanya untuk turun ke kapal cepat. Empat awak ini, lalu digiring ke kapal cepat oleh kelompok bersenjata yang terlihat melaju menuju perairan Filipina.

Selain warga Malaysia, ikut pula anggota kru asing lainnya. Tiga Myanmar dan dua orang Indonesia. Kelimanya lalu dilepaskan dan tak ada korban.

Menurut laporan awal, empat telah diidentifikasi sebagai Wong Teck Pang (31), Wong Hung Song (34), Wong Teck Chi (29), dan Johnny Lau Jung Hien (21). Mereka berasal dari Sarawak, Malaysia.

Sementara itu, kru asing yang dilepas, kemudian berlayar kapal kembali ke Tawau. Belum bisa dipastikan, apakah kelompok bersenjata itu terkait dengan Abu Sayyaf.

Tetapi, laporan Inquirer mengatakan, para penculik kemungkinan besar anggot bandit yang terkenal itu. (asp)

Polri: Uang Tebusan 10 WNI Hak Perusahaan
Scarborough Shoal, salah satu wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Mantan Presiden Filipina ke China Bahas Sengketa Wilayah

Fidel Ramos merupakan sosok yang disegani dan berkredibilitas.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016