Kemlu: 3 WNI yang Sempat Diculik di Sabah Selamat

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nassir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reiffi Georgina

VIVA.co.id - Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya diculik oleh kelompok bersenjata Filipina dekat Pulau Ligitan, pantai timur Sabah, Malaysia, pada Jumat lalu pukul 19.00 waktu setempat, kini telah bebas dan sedang dimintai keterangan oleh otoritas setempat.

"Mereka sedang diproses untuk dimintai keterangan oleh Otoritas Malaysia guna keterangan lebih lanjut mengenai kejadian penyanderaan, pelaku perampokan serta nasib warga Malaysia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nassir, di Gedung Kemlu, Jakarta, Senin, 4 April 2016.

Kendati demikian, ia menjelaskan, Kemlu masih belum mengetahui kapan tiga WNI tersebut bisa kembali dipulangkan ke kampung halaman mereka masing-masing di Indonesia.

"Kita berharap (mereka) bisa dipulangkan pekan ini," ungkap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah mendapatkan laporan soal pelepasan WNI yang diculik dari Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, Sabtu.

Ia sudah berkomunikasi dengan konsulat RI yang ada di Tawau, dan memastikan ketiga WNI itu dalam kondisi selamat.

Pihak konsulat, dia menambahkan, sudah diizinkan untuk berkomunikasi dengan ketiga WNI yang dilepaskan itu. Sementara itu, Kepolisian Malaysia masih menggali informasi mengingat masih ada warga negara Malaysia yang ditahan.

"Pendalaman oleh Polisi Malaysia saat ini sedang dilakukan. Dan kita ingin memastikan bahwa kesehatan WNI dan juga hak-hak lanjutan yang terkait perusahaan pemilik kapal tersebut juga akan diberikan sesuai aturannya," tutur Retno.

WNI Hamil Tewas Saat Kecelakaan di Malaysia
Kapal tenggelam

34 WNI Selamat dari Kapal Tenggelam di Malaysia Dipulangkan

Mereka dipulangkan dari Johor Baru ke Pelabuhan Tanjung Pinang.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016