Ikut Latihan Gabungan, India Pamer Alat Perang Baru

Salah satu Armada AL India
Sumber :
  • www.dailybackgrounds.com

VIVA.co.id - Angkatan Laut India secara resmi mengikuti acara "International Fleet Review" di Padang, Sumatera Barat dengan mengirimkan kapal patroli INS Sumedha dan pesawat patroli Maritim P-81 Poseidon pimpinan Komandan Pramod G. Thomas.

Dalam keterangan pers Kedutaan Besar India di Jakarta yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 8 April 2016, keikutsertaan India ini bagian dari kebijakan "Act East" negeri Bollywood itu. Armada AL India akan tiba di Padang pada 10 April 2016.

"Acara ini akan menampilkan partisipasi perdana dari kedua kapal terbaru India. Sebagai bagian dari MNEK, kami berinteraksi secara profesional dengan angkatan laut negara lain dalam berbagai fase latihan," tulis rilis itu.

Seperti diketahui, International Fleet Review diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut yang bertajuk Komodo 2016 di Padang dan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada 12-16 April 2016.

Rangkaian ini termasuk di dalamnya Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-II serta Western Pacific Naval Symposium (WPNS) ke-XV. Latihan gabungan 35 negara tersebut bertujuan menciptakan perdamaian, baik kawasan maupun global.

Sebagai informasi, INS Sumedha dirancang dan dibangun oleh India sebagai “generasi baru kapal patroli lepas pantai”.

Pada 7 Maret 2014, kapal ini resmi bergabung dengan AL India. INS Sumedha memiliki ketahanan hebat yang dapat melakukan patroli lepas pantai dalam jangka waktu lama.

Kapal tersebut dilengkapi dengan MR Gun dan EW Suite yang dahsyat serta dapat menjalankan berbagai fungsi dalam penugasan independen maupun kegiatan armada.

Enam Negara Ini Punya Latihan Militer yang 'Anti Mainstream'

Kemampuan untuk membawa sebuah helikopter multifungsi secara signifikan meningkatkan potensi kapal.

Latihan militer China di musim dingin.

Laut China Selatan Memanas, China dan Rusia Latihan Militer

Namun, latihan gabungan ini diklaim bukan untuk menyerang negara lain.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016