Setelah 16 Tahun, Jokowi Akhirnya Kunjungi Negara Ini

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • www.antaranews.com

VIVA.co.id - Belanda akan menjadi negara terakhir yang dikunjungi Presiden Joko Widodo dalam lawatannya ke Uni Eropa pada 18-22 April 2016.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama kali seorang pemimpin Indonesia ke negeri Kincir Angin itu setelah 16 tahun.

Sebelumnya, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, adalah Presiden RI keempat terakhir yang berkunjung ke Belanda.

"Ini adalah lawatan pertama setelah 16 tahun lalu. Ada misi khusus yang dibawa. Angka statistik, investasi, pariwisata, dan kerja sama sektor lain menunjukkan hubungan kita dengan Belanda sangat kuat," kata Menlu Retno LP Marsudi, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Senin, 11 April 2016.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Schiphol, Belanda pada hari terakhir kunjungannya di Eropa, yakni 22 April 2016.

Mantan Dubes Indonesia untuk Belanda itu menegaskan, hubungan antara Indonesia dan Belanda terus diperkuat dari tahun ke tahun. Sebelum ke Belanda, Presiden Jokowi dijadwalkan mengunjungi sejumlah negara, yaitu Jerman, Inggris, dan Belgia.

Angka perdagangan Indonesia dengan Uni Eropa pada 2015 sebesar US$26,14 miliar. Sementara itu, nilai investasi mencapai US$2,26 miliar serta angka wisatawan Uni Eropa ke Indonesia sekitar satu juta orang tiap tahunnya.

Menlu Belanda Kunjungi Makam Korban Pembantaian Rawagede
Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders kunjungi makam korban Rawagede

Kunjungi Rawagede, Menlu Belanda Bertemu Keluarga Korban

“Kita harus memiliki sudut pandang yang jujur mengenai masa lalu.”

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016