Menlu AS Kecam Sikap Provokatif Jet Tempur Rusia

Mantan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.
Sumber :
  • REUTERS/Brian Snyder

VIVA.co.id - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengecam jet tempur Rusia yang bersikap berbahaya dan provokatif, karena terbang rendah dekat kapal perusak AS Donald Cook yang sedang berlayar di Laut Baltik.

"Kami mengutuk perilaku yang nekat dan provokatif serta berbahaya. Di bawah peraturan bisa saja pesawat itu ditembak," kata Kerry, seperti dikutip dari situs Reuters, Jumat, 15 April 2016.

Laut China Selatan Memanas, China dan Rusia Latihan Militer

Ia berpendapat, masyarakat internasional harus tahu bahwa aksi tersebut merupakan sebuah hal yang sangat serius dan AS tidak akan terintimidasi.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Rusia mengenai betapa bahayanya hal itu dan kami harap hal seperti ini tidak terjadi lagi," ungkapnya.

Enam Negara Ini Punya Latihan Militer yang 'Anti Mainstream'

Di Moskow, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, mengatakan bahwa awak pesawat pembom Rusia yang terbang dekat alat perusak AS menghormati semua aturan keselamatan.

Dua unit pesawat Su-24 kembali mengulang penerbangan mereka di dekat kapal USS Donald Cook yang terletak sangat berdekatan.

AS 'Aktifkan Kembali' Pangkalannya di Filipina

Otoritas AS mengatakan, hal itu merupakan salah satu interaksi paling agresif yang dilakukan oleh negara pimpinan Presiden Vladimir Putin tersebut.

Di samping itu, sebuah helikopter milik Rusia, KA-27 Helix, juga terlihat beroperasi di sekitar kapal AS itu.

Wilayah terdekat Rusia dari lokasi kejadian adalah sekitar 70 mil dari Kaliningrad yang berada di antara Lithuania dan Polandia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya