Rusia Bantah Tudingan AS soal Insiden Jet Tempur

Jet tempur Su-24 terbang rendah dekat kapal perusak AS, Donald Cook
Sumber :
  • newsphilippines.net

VIVA.co.id – Kementerian Pertahanan Rusia membantah tudingan Amerika Serikat yang mengatakan bahwa jet tempur Su-27 dan Su-24 telah bertindak “tidak aman” terhadap kapal perang AS.

Jepang Akan Jual Jet Tempur, Tinggalkan Pasifisme Pasca Perang

Melansir dari situs Arab News, Senin, 18 April 2016, Rusia juga menolak kritikan kalau jet tempurnya bermanuver agresif dekat dengan sebuah pesawat pengintai AS yang berada di Laut Baltik.

"Seluruh penerbangan jet tempur Rusia dilakukan secara ketat sesuai dengan aturan internasional tentang penggunaan ruang udara. Tidak ada situasi darurat," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Igor Konashenkov.

Tegang! 2 Pesawat Pengebom B-1B AS Berhadapan dengan Jet Tempur MiG Rusia di Laut Barents

Di bawah Presiden Vladimir Putin, militer Rusia telah meningkatkan kemampuan mereka dengan penambahan pengeluaran dan persenjataan yang ambisius, dan mereka juga mencoba untuk menerapkan kebijakan luar negeri yang lebih tegas.

Sementara itu, Departemen Pertahanan AS (Pentagon) menuding jet tempur Su-27 telah terbang dengan cara yang "tidak aman dan tidak profesional" ketika mencegat sebuah pesawat pengintai Angkatan Udara AS, RC-135, di atas Laut Baltik pada 14 April lalu.

5 Negara yang Memiliki Jet Tempur F-16 Terbanyak, Israel Kalah dari Turkiye

Juru Bicara Pentagon, Laura Seal, mengatakan bahwa pesawat AS saat itu tidak menyeberang ke wilayah Rusia.

Militer Rusia kemudian menjelaskan bahwa pesawat Su-27 ditugaskan untuk mengidentifikasi sebuah target udara yang bergerak menuju ke perbatasan Rusia dengan kecepatan tinggi.

Terkait dengan operasi ini, Pentagon menegaskan bahwa pesawat tersebut sedang melakukan penerbangan rutin. "Ketika RC-135 melakukan kontak visual dengan jet Rusia, pesawat intai Amerika itu mengubah rute penerbangannya jauh dari perbatasan Rusia," kata Konashenkov.

Insiden itu terjadi tak lama setelah pesawat Rusia berulang kali terbang dekat dengan kapal perusak USS Donald Cook pekan lalu. Pesawat Rusia Su-24 terbang di atas ketinggian 30 kaki di atas kapal perang milik negara Paman Sam tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya