Kemlu RI Siap Bantu Pemulangan Samadikun dari China

Para daftar buronan kasus BLBI.
Sumber :
  • kejaksaan.go.id

VIVA.co.id –  Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nassir, mengatakan pihaknya hingga saat ini masih belum menerima permintaan bantuan pemulangan atas Samadikun Hartono, buronan kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank lndonesia (BLBI), yang dikabarkan ditangkap di China beberapa hari lalu. Namun jika diminta, Kemlu siap membantu.

Kemlu Berhasil Selamatkan Hak Finansial WNI di Luar Negeri Rp179 M

Bila merujuk pada Perjanjian Ekstradisi China dan Indonesia, Samadikun seharusnya bisa langsung dipulangkan ke Tanah Air untuk menjalani proses hukum. Namun, hingga saat ini, Samadikun masih berada di Negeri Tirai Bambu itu.

"Terkait dengan WNI yang dipertanyakan [Samadikun], sampai saat ini belum ada permintaan resmi dari otoritas hukum di Indonesia yang meminta untuk melakukan proses pemulangan tersebut," kata Arrmanatha kepada VIVA.co.id, Rabu, 20 April 2016 melalui pesan singkat.

Kemlu Jawab Tudingan Ade Armando soal Dugaan Pemerasan di Pandemi

Tapi, Arrmanatha menegaskan, Kemlu RI siap membantu. ,Pihaknya akan siap kapan-pun diminta untuk mendukung pemulangan tersebut. "Kemlu siap mendukung pemulangan WNI yang akan diproses secara hukum di Jakarta," kata dia.

Belum ada kabar yang jelas kapan dan di kota mana Samadikun ditangkap aparat di China. Samadikun sebenarnya telah divonis empat tahun penjara karena penyalahgunaaan dana BLBI sebesar Rp169,4 miliar. Dia kabur sesaat setelah Mahkamah Agung (MA) memperkuat vonis itu.

Keren, Peneliti RI Raih Penghargaan Riset Post-Doktoral di Inggris

(ren)

Garuda Indonesia angkut WNI yang dievakuasi dari Ukraina

Kemlu: 120 WNI di Ukraina Dipulangkan ke RI, 32 Orang Pilih Menetap

Pemerintah Indonesia masih terus berusaha untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Ukraina.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022