RI Desak Dewan Keamanan PBB Tindak Tegas Pendudukan Israel

Muslim Palestina saat menghadapi serangan udara tentara Israel di Jalur Gaza.
Sumber :
  • REUTERS/Majdi Fathi

VIVA.co.id – Duta Besar sekaligus Wakil Tetap RI untuk PBB, Dian Triansyah Djani, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera menyelesaikan masalah pendudukan Israel. Pernyataannya tersebut disampaikan dalam sesi debat terbuka mengenai situasi di Timur Tengah, termasuk isu Palestina, yang diadakan Dewan Keamanan PBB di Markas Besar PBB di New York, pada Senin lalu.

Menlu : Negosiasi Perdamaian Palestina Harus Dilanjutkan

"Kekerasan yang terjadi di Palestina telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Israel harus mematuhi tanggung jawab internasional dengan melindungi hak-hak rakyat Palestina dan tidak melakukan pembunuhan semena-mena," kata Dian, seperti yang diteruskan Kantor Perwakilan Tetap RI untuk PBB di New York kepada VIVA.co.id, Kamis, 21 April 2016.

Ia menegaskan, pengakhiran pendudukan Israel sudah sangat mendesak sebagai syarat terbentuknya negara Palestina yang merdeka, dengan Jerusalem Timur sebagai ibukota.

RI Diundang Prancis Bahas Perdamaian Israel-Palestina

Dian juga memaparkan mengenai salah satu hasil dari KTT Luar Biasa OKI di Jakarta pada Maret lalu mendesak untuk segera dicapainya solusi yang komprehensif dan final terhadap konflik Palestina-Israel.

"Kekerasan yang terus terjadi mencerminkan dalamnya permusuhan di antara warga Palestina dan Israel. Ini semakin mempersulit upaya memulai kembali proses perdamaian," tuturnya.

4-5-1994: Perjanjian Singkat Israel-Palestina

Di samping itu, ia juga menyesalkan banyaknya Resolusi PBB mengenai Palestina yang tidak dapat ditindaklanjuti. "PBB tidak dapat hanya melaksanakan rapat atau konsultasi sementara korban jiwa terus berjatuhan di Palestina. Hal ini tidak dapat diterima," ungkap Dian.

(ren)

Masjid Al Aqsa.

Israel Longgarkan Penjagaan Masjid Al Aqsa Selama Ramadan

Sempat dilarang, namun sejumlah warga Arab mengancam tetap beribadah.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2016